Buronan Kasus Pidana Korupsi Pembuatan Situs Mentawai Online Ditangkap dan Dipenjara Di Rutan Anak Air

Buronan Kasus Pidana Korupsi Pembuatan Situs Mentawai Online Ditangkap dan Dipenjara Di Rutan Anak Air Buronan yang diburu pihak Kejaksaan. (Foto instagram Kejari Kepulauan Mentawai)

 

PADANG-Setelah lama buron, Dody Baswardojo terpidana perkara pengadaan situs web Kabupaten Kepulauan Mentawai ditangkap kembali di daerah Batu Malang, Provinsi Jawa Timur pada hari Rabu (20/03/2024) oleh Tim gabungan, Satgas SIRI Kejaksaan Agung, Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, dan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat. Seperti yang rilis yang diterima Mentawaikita.com.

Setelah diserah terimakan kepada Tim Jaksa Eksekutor Kejaksaan Kepulauan Mentawai di Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, terpidana langsung dibawa ke Padang, selanjutnya dieksekusi ke Rutan Klas IIB Padang di Anak Air.

Terpidana melakukan tindak pidana korupsi bersama dengan Agustinus Tri Siwi Royo Tjahjoko (Kepala Bappeda Kab. Kepulauan Mentawai) dan Rita Mariana (Koordinator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta) melaksanakan Kegiatan Pengadaan Pembuatan Situs Web Kabupaten Kepulauan Mentawai menggunakan Dana APBD Perubahan TA 2003. Pelaksanaan pembuatan situs web tersebut tidak selesai sesuai kontrak, penerimaan barang tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya, dan pelatihan tidak terlaksana. 

Tetapi anggaran tetap dicairkan 100 persen. Perbuatan Terpidana merugikan keuangan Negara sejumlah Rp994.750.000.

Terpidana melanggar Pasal 3 UU No. 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dan telah diputus bersalah dalam Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 1850 K/Pid. Sus/2009 tanggal 26 Oktober 2010.

Pidana penjara selama 2  tahun, dan pidana denda sebesar Rp 100 juta , subsider 6 bulan, serta uang pengganti sebesar Rp963.750.000, subsider pidana penjara selama 2 tahun.

Sebelumnya mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Agustinus Trisiwi Roy Tjahjoko juga sempat buron 12 tahun dan ditangkap di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim). Roy ditangkap di Sidoarjo oleh Tim Tangkap Buronan (Tabur) DPO Kejati Sumbar dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sabtu (5/3/2022) siang.

Kasus ini terkait situs mentawaionline.com yang diluncurkan 25 Desember 2003 mendapat protes Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Sumatera Barat. Domain dot.com mestinya untuk usaha komersial bukan untuk situs pemerintahan. Apkomindo juga memprotes mekanisme dan proses pelaksanaan proyek yang tidak melalui tender terbuka, tetapi melalui penunjukan langsung. Nilai proyek juga terlalu besar dibanding situs pemerintah daerah lainnya yang berkisar hanya Rp350-Rp500 juta.


BACA JUGA