Pengibar Bendera Merah Putih di Siberut Utara Gunakan Formasi 12

Pengibar Bendera Merah Putih di Siberut Utara Gunakan Formasi 12 Upacara bendara peringatan hari kemerdekaan RI. (Foto: Bambang Sagurung/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Bila di Istana negara pasukan pengibar bendera pusaka menggunakan formasi lengkap, formasi pasukan delapan, formasi pasukan tujuh belas dan formasi pasukan empat puluh lima. Sementara di Kecamatan Siberut Utara menggunakan formasi pasukan 12 orang terdiri dari tujuh orang putri dan lima putra dari SMAN 1 Siberut Utara.

Serda Muskandar dari Koramil 01 Sikabaluan yang menjadi salah seorang pelatih paskibra mengatakan formasi pasukan yang digunakan itu pasukan delapan sesuai dengan bulan dirgahayu RI. "Yang dipakai itu formasi delapan sesuai dengan bulan ulang tahun RI,” katanya pada Mentawaikita.com, Rabu (17/8/2022).

Lebih Lanjut kata Muskandar, digunakannya pasukan pengibar bendera dengan formasi delapan karena kurangnya sarana dan prasarana yang ada untuk digunakan agar formasi pasukan yang seharusnya pasukan tujuh belas, pasukan delapan dan pasukan empat puluh lima hanya memakai pasukan delapan. "Perlengkapan yang dipakai itu hanya perlengkapan lama seperti baju, topi dan sekrap", katanya.

Terkait dengan bendera yang belum sampai sementara lagu Indonesia Raya yang dibawakan tim drum band SMPN 1 Siberut Utara sudah selesai, dikatakan Muskandar karena adanya komunikasi yang tidak pas antara pengibar bendera dengan drum band. "Harusnya tim drumband melihat ketika bendera masih setengah tiang mereka meneruskan lagunya,” katanya.

Sementara Bripka Yanri Arie dari Polsek Sikabaluan yang ikut melatih pasukan pengibar bendera mengatakan dilihat dari lama latihan terlalu singkat karena hanya diberi waktu enam hari.

"Yang sebelumnya kita lakukan itu maksimal satu bulan dan minimalnya dua minggu,” kata Bripka. Yandri Arie yang pernah beberapa kali menjadi pelatih paskibra di Siberut Utara dan Siberut Barat.

Upacara bendera dan peringatan detik-detik proklamasi ke-77 yang dilaksanakan lapangan hijau SDN 09 Sikabaluan dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 09.00 wib. Bertindak sebagai inspektur upacara camat Siberut Utara, Agustinus Sab, komandan upacara Serda Muskandar dan pembacaan teks proklamasi Elias La'ia, kepala SMPN 1 Siberut Utara. 


BACA JUGA