Banjir Rob, Puluhan Rumah di Sikakap Digenangi Air

Banjir Rob Puluhan Rumah di Sikakap Digenangi Air Basri, warga Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap sedang melintasi jalan di Pelabuhan Perikanan Sikakap yang tergenang banjir rob. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Banjir rob menggenangi puluhan rumah dan sejumlah ruas jalan di Desa Siakkap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa (17/05/2022).

Akibatnya warga yang rumahnya dimasuki air terpaksa memindahkan perabotannya ke tempat lebih tinggi sementara pengendara sepeda motor harus berputar mencari jalan yang tidak tergenang seperti jalan raya di Dusun Sikakap Tengah dekat terminal boat.

"Sudah dua hari ini rumah saya tergenang air laut, masuk ke dalam rumah bisa sampai 15 cm,” kata Enjel (50), warga Desa Sikakap, Selasa (17/05/2022).

Banjir rob ini naik pukul 05.00 WIB dan surut pada pukul 07.00 WIB. “Ini ulah kita juga juga, sebab masih banyak warga di Desa Sikakap yang menjadikan air laut sebagai tempat pembuangan sampah, akibatnya banyaknya sampah yang menumpuk maka air laut meluap dan mengenangi rumah warga dan jalan,” kata Enjel.

Dia berharap perilaku warga yang membuang sampah ke laut bisa berubah agar terhindar dari banjir. “Tiap kali banjir rob, saya selalu membersihkan sampah-sampah yang ikut terbawa ke rumah,” katanya.

Hal sama juga dikatakan Basri (41), warga Desa Sikakap. Banjir rob ini sudah rutin terjadi tiap tahun. Diakuinya kondisi ini cukup menganggu warga.

BACA JUGA