132 Siswa SDN 15 Sikakap Ikuti Vaksinasi Covid-19

132 Siswa SDN 15 Sikakap Ikuti Vaksinasi Covid19 Kepala Puskesmas Sikakap Suratmi memeluk siswa saat vaksinasi Covid-19 di SDN 15 Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--SDN 15 Sikakap menjadi sekolah pertama yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun di Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ada 132 siswa yang mengikuti vaksinasi.

Camat Sikakap, Victor mengatakan ada 14 sekolah dasar di Kecamatan  Sikakap dan SDN 15 Sikakap merupakan sekolah pertama yang menyelenggarakan vaksinasi untuk pelajar SD.

Suratmi, Kepala Puskesmas Sikakap, mengatakan jenis vaksin yang diberikan kepada siswa SDN 15 Sikakap adalah Sinovac, sesuai dengan aturan dari Kementerian Kesehatan.

"Jumlah siswa umur 6-11 tahun yang akan disuntik vaksin Covid-19 sebanyak 1.290 orang, target kita pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk umur 6-11 tahun akan berlangsung satu bulan, tim vaksinator dari Puskemas Sikakap berjumlah 14 orang," jelasnya.

Kepala SDN 15 Sikakap, Atoni Zalukhu mengatakan, pihaknya merasa bangga karena sekolahnya ditunjuk pertama pelaksanaan vaksinasi untuk siswa SD. "Hari ini belum semua siswa divaksin karena belum semuanya masuk, lalu masih ada orangtua yang masih ragu member izin,” katanya.

Untuk itu menurut Atoni, sekolah melakukan pendekatan kepada wali murid dan berupaya meyakinkan wali murid agar mengizinkan anaknya divaksin.

Rijal (41), salah seorang wali murid mengatakan, dirinya mendukung program vaksinasi ini sebagai salah satu cara mencegah mencegah penyebaran virus Covid-19.

Sementara salah seorang pelajar yang ikut vaksin, Risa Dabora (11), mengaku awalnya takut disuntik namun akhirnya mau divaksin agar bisa aman dari virus dan bisa sekolah tatap muka.

BACA JUGA