68.511 Warga Mentawai Akan Dapat Vaksin Booster, Ini Syaratnya

68511 Warga Mentawai Akan Dapat Vaksin Booster Ini Syaratnya Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar bersama tim vaksinator saat peluncuran vaksin booster Covid-19 di Mentawai (Foto: dokumentasi Lahmuddin Siregar)

SIKAKAP—Kementerian Kesehatan menargetkan sebanyak 68.511 warga Mentawai akan mendapat vaksinasi Covid-19 dosis tiga (vaksin booster). Berdasarkan persyaratan dari Kemenkes, vaksinasi ini hanya akan diberikan kepada warga yang telah berusia di atas 18 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar pada Rabu (19/01/2022) mengatakan sesuai data yang diedarkan Kemenkes, Mentawai sudah bisa melaksanakan vaksinasi booster Covid-19 karena sudah mencapai vaksinasi tahap pertama di atas 70 persen, sementara capaian vaksinasi lansia sudah 70 persen.

Syarat mendapatkan vaksin booster, selain usia sudah 18 tahun, juga sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua. “Bagi yang telah disuntik vaksin Covid-19 tahap kedua, menunggu enam bulan dulu baru diberikan vaksin booster,” katanya Rabu (19/01/2022) saat peluncuran vaksinasi booster di Mentawai.

Jadwal vaksinasi booster menurut Lahmuddin dapat diketahui dari aplikasi Pedulilindungi, pada menu status vaksinasi dan hasil tes Covid-19.

“Vaksin booster diprioritaskan untuk lansia dan imunokompromais serta mempertimbangkan ketersediaan vaksinasi,” katanya.

Vaksinasi booster dilaksanakan di sarana kesehatan dan pos pelayanan vaksinasi yang telah disediakan oleh pemerintah. Pemberian vaksin ini juga gratis, sama dengan sebelumnya.

BACA JUGA