Sikerei: Soal Corona Kami Percaya Kalau Masker Kami Sangat Jarang

Sikerei Soal Corona Kami Percaya Kalau Masker Kami Sangat Jarang Raimundus, Sikerei Dari Ugai mendaftar untuk vaksin. (Foto: Hendri/Mentawaikita.com)

MADOBAG-Puskesmas Sarereiket Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Polsek,dan Danramil Muara Siberut mengadakan Vaksinasi Gebyar Covid-19 kepada 154 warga Madobag pada Sabtu,(27/11/2021) yang diadakan di Puskesmas Sarereiket. Dalam vaksin tersebut salah satu sikerei (tabib) Mentawai juga ikut vaksin di Puskesmas tersebut 

Seperti Sikerei yang berasal dari Dusun Ugai Raimundus(40) mengatakan, dia sudah di vaksin tahap pertama di Puskesmas Sarereiket, sebelumnya belum divaksin. “Saya memang belum divaksin sama sekali namun karena kita takut namanya corona saya ikut vaksin, saya seorang sikerei yang mengobati orang tapi saya bisa sakit juga, sama dengan dokter mereka tetap sakit, makanya saya ikut vaksin walaupun saya belum dapat bantuan dari pemerintah, seperti BLT, Kemensos, Bansos, maupun beras saya tidak dapat, padahal saya juga warga Madobag,” katanya, Sabtu (27/11/2018)

"Soal corona kalau kami sikerei percaya namun kalau masker kami sangat jarang memakainya, apa lagi aktivitas kami selalu di hutan, jadi kalau kita bayangkan memanjat gunung pakai masker apakah tidak sesak, kecuali ada acara pemerintahan kami diberi masker akan kami pakai, mudah-mudahan corona ini habis sehingga saudara-saudara kita di luar sana bisa pulih kembali,” kata Raimundus.

Raimundus juga mengatakan saat vaksin ini katanya ada sedikit sembako bagi yang divaksin berupa beras, gula namun jumlahnya kurang tahu. “Sembako memang membuat masyarakat banyak yang vaksin sebab pulang vaksin ada yang di masak di rumah untuk vitamin,” kata Raimundus sambil tertawa.

Komandan Koramil 02 Muara Siberut Kapten Czi Masri mengatakan,vaksinasi gebyar covid-19 ini sudah di adakan di Desa Matotonan,Dusun Buttui, dan Puskesmas Sarereiket Desa Madobag, sekaligus pemberian sembako kepada masyarakat berupa beras, gula dari Aksi Peduli Bangsa (APB) walaupun terbatas, tidak hanya vaksinasi juga akan sosialisasi tentang vaksin kepada masyarakat, agar mereka tidak takut untuk vaksin. "Walaupun akses kita jauh dan jalan tidak memungkinkan kita tetap ikut mendampingi masyarakat untuk vaksin,namun itu tidak menjadi kendala bagi kita,” katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Sarereiket Juniati gulo mengatakan pelaksanaan vaksinasi covid-19 PKM Sarereiket Desa Madobag Sabtu ( 27 November 2021) yang di vaksin 154 orang dengan rincian, vaksin pertama 82 orang dan vaksin kedua 72 orang, yang ditunda  2 orang. Vaksin terpakai : Sinovac 2 vial, Corona Vak 5 vial, Pfizer 13 vial, Moderna 3 vial. Sisa vaksin Moderna 0 vial, Pfizer 161 vial, Sinovac 0 vial, Coronavac  270 vial

 


BACA JUGA