Ujian Seleksi CPNS 2021 Mentawai Usai, Begini Prosesnya

Ujian Seleksi CPNS 2021 Mentawai Usai Begini Prosesnya Pemeriksaan administrasi peserta ujian (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (CPPPK) atau CPNS Non Guru 2021 di Kabupaten Kepulauan Mentawai telah usai dan berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (CPPPK) atau CPNS Non Guru 2021 dilaksanakan selama 9 hari menggunakan CAT (Computer Assisted Test) di Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai, Kilometer 4, Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara.

Pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil 2021 di Kabupaten Kepulauan Mentawai dibagi dua waktu yakni pertama, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dengan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), kemudian tahap berikutnya akan mengkuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), sedangkan CPPPK hanya mengikuti satu tahap seleksi saja yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Pelaksanaan SKD CPNS 2021 Kabupaten Kepulauan Mentawai dilaksanakan selama 7 hari 12 hingga 18 Oktober 2021 dengan 678 peserta dari 771 pendaftar sementara tidak hadir ada 93 pendaftar dengan 22 sesi.

Kemudian pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (CPPPK) dilaksanakan selama 2 hari mulai 19-20 Oktober 2021 sebanyak 5 sesi dengan 166 peserta dari 170 pendaftar, yang tidak hadir sebanyak 4 orang.

Warsid, Tim CAT (Computer Assisted Test) Badan Kepegawaan Negara, Kanreg XII Pekanbaru mengatakan untuk selanjutnya khusus CPNS 2021 Mentawai masih akan mengikuti ujian berikutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“Untuk CPNS 2021 Mentawai menunggu pengumuman 3 besar, untuk selanjutnya mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) setelah itu pengumunan hasil, pemberkasan lalu penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP),” kata Warsid, Rabu, (20/10/2021).

Sedangkan untuk CPPPK atau CPNS Non Guru, kata Wardi, itu sampai SKD saja. “Hasilnya siapa yang memenuhi passing grade atau nilai ambang batas, masih akan dirangking, jadi seleksinya hanya pada seleksi kompetensi dasar saja,” ucap Warsid.

Dijelaskan Warsid bahwa hasil seleksi CPPPK 2021 Kabupaten Kepulauan  Mentawai yang dilaksanakan mulai 19-20 Oktober 2021, terdapat nilai tertinggi yakni pada angka 569, sementara nilai terendah pada angka 296.

Pada pelaksanaan seleksi pegawai negeri sebelumnya hasil SKD diumumkan secara terbuka namun pengumuman hasil SKD CPNS 2021 dapat dilihat melalui media youtube resmi BKN. 

“Kalau aturan sebelumnya pengumuman ditempel jika ditempel orang akan berdatangan, live skor juga ditiadakan karena juga akan mengundang kerumunan namun BKN langsung menampilkan hasil ujian seleksi dengan memanfaatkan media sosial youtube karena prokes Covid-19,” jelas Warsid.

Hasil SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (CPPPK) atau CPNS Non Guru 2021 di Kabupaten Kepulauan Mentawai diserahkan langsung kepada Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai, Sermon Sakerebau disaksikan tim pengawas dari Inspektorat, tim panitia pelaksana.

Pelaksanaan seleksi CPNS 2021 di Kabuapaten Kepulauan Mentawai berjalan dengan lancar. “Kalau pun ada kendala, hanya kendala kecil yang bisa kami atasi, bahkan ada kekwatiran yang besar bahwa terjadi mati lampu, dan gangguan jaringan internet tetapi ternyata kekwatiran itu tidak terjadi dan kita bersyukur semua berjalan dengan lancar,” ucap Warsid.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai, Sermon Sakerebau menyampaikan apreasiasi kepada tim panitia, seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan seleksi CPNS 2021 pada tahap SKD di Mentawai.

“Semua berjalan lancar, segala upaya dan pelayanan kita maksimalkan, kita bangga menjadi tim yang kompak dalam menyukseskan penyelenggaraan seleksi CPNS kali ini tentu kita bersyukur atas penyertaan Tuhan kita tetap diberi kesehatan,” katanya.

Tim pengawas dari Inspektorat Kepulauan Mentawai juga telah memberikan beberapa catatan penting untuk perbaikan dan evaluasi selama pelaksanaan seleksi CPNS 2021 Mentawai untuk lebih baik seperti mendokumentasikan apa pun kendala teknis selama proses ujian. 


BACA JUGA