Nikmatnya Anggau Siboikboik Buatan PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai

06-09-2017 16:13 WIB | Travel | Reporter: Rus Akbar | Editor: Gerson Merari
Nikmatnya Anggau Siboikboik Buatan PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai

Aggau Siboikboik buatan PKK Mentawai pada Festival Muanggau Mentawai 2017 di Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Sipora Utara. (Foto : Rus)

MAPADDEGAT-Rasa yang menyentakkan lidah dari cuaca dingin ketika melihat hasil karya PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diramu oleh Sutici Reynal , Delvi Daulat dan Margaretta Sampurianul, aroma nan mengundang selera tak sabar mencicipi anggau siboiboik (direbus) yang sudah dimodifikasi tradisional ke modern.

"Anggau Siboik-siboik ini bumbunya dari tradisional hanya beberapa tambahan yang untuk menambah kreasi," ujar Sutici pada

Mentawaikita.com

dalam lomba kuliner Festival Muanggau tradisional, Rabu (6/9/2017).

Kata Sutici bahan pokoknya itu ada kepiting atau anggau kemudian dicampur dengan bumbu lain. Rasanya begitu nikmat mulai dari kuahnya sampai mencicipi dagingnya yang begitu lezat sedikit agak pedas. (Baca Juga :Festival Muanggau Mentawai Tampilkan Menu Anggau Berbagai Kreasi Masakan)

Sutici membeberkan rahasia anggau siboboik ini, pertama adalah mempersiapkan dua ekor anggau atau lebih yang sudah dibersihkan. Anggau yang sudah bersih tersebut di potong dua hingga menjadi dua bagian.

Kemudian bahan untuk menimbulkan rasa yang lebih gurih, tiga siung bawang putih sisir, lima bawang merah sisir, satu ruas jahe grepek, garam, satu helai daun kunyit, merica bubuk secukupnya, penyedap rasa dan air bersih secukupnya.

Kemudian menyiapkan wajan serta memasak di atas kompor, dalam wajan tersebut diberikan air bersih sampai mendidih. Saat mendidih taburkan bawang putih, bawang merah, jahe dan daun kunyit, kemudian diaduk agar air dan bumbu yang masuk terpadu, berikutnya yang dilakukan adalah memasukkan anggau dalam wajan yang sudah ada bumbu tadi. Setelah itu masukkan garam, bumbu penyedap rasa serta merica secukupnya.

"Biarkan direbus hingga anggau sudah menguning, setelah itu baru siap saja," ujarnya. Rasanya luar biasa begitu nikmat, aroma yang gurih dan lezat.

  • Pin it
Komentar