Mulai Rabu, Kapal Antar Pulau Tak Beroperasi

19-06-2017 16:18 WIB | Peristiwa | Editor: Rus Akbar
Mulai Rabu, Kapal Antar Pulau Tak Beroperasi

Kapal antar pulau bersandar di pelabuhan Tuapeijat. (foto: patrisius sanene)

TUAPEIJAT-Jelang hari raya Idul Fitri 2017, angkutan mudik lebaran khusus antar pulau mulai Rabu, 21 Juni tak lagi beroperasi baik melayani rute Tuapeijat-Siberut maupun rute Tuapeijat-Sikakap.

"Besok (Selasa) batas terakhir jalan kapalnya, normal lagi pada 1 Juli 2017," kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai Edi Sukarni pada Senin (19/6/2017).

Kapal terakhir antar pulau Selasa, 20 Juni akan melayani rute Tuapeijat, Siberut Selatan, Saibi Samukop berhenti di pelabuhan Sikabaluan dengan KLM Nade. Sementara besok rute Tuapeijat-Sikakap akan dilayani KMP. Bakkat Menuang.

Edi Sukarni menjelaskan kapal antar pulau milik Pemda Mentawai yang saat ini beroperasi KLM. Nade, KM. Simatalu, KMP. Bakkat Menuang, dan KM. Beriloga, sementara KM. Simasin dalam perawatan rutin atau docking.

Namun jika terjadi lonjakan penumpang pada Rabu 21 Juni KLM. Nade akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang tujuan Sikakap dan tujuan Siberut.

Sementara itu kapal ASDP yang melayani Padang- Mentawai mulai 25-27 Juni tak akan beroperasi namun jadwalnya akan kembali normal pada Rabu, 28 Juni.

Kemudian jadwal kapal cepat Mentawai Fast milik swasta yang melayani Padang-Mentawai diperkirakan beroperasi sesuai jadwal. "Namun jika pada Rabu, 21 Juni itu terjadi lonjakan penumpang maka kita minta kepada agen beroperasi dengan dua kapal tujuan Tuapeijat, tergantung kondisi," kata Edi Sukarni. (Patrisius Sanene)

  • Pin it
Komentar