Dua dari 979 Peserta UN SMA di Mentawai Tidak Lulus

04-05-2017 12:02 WIB | Pendidikan | Editor: Zulfikar Efendi
Dua dari 979 Peserta UN SMA di Mentawai Tidak Lulus

Pelajar SMAN 2 Sipora ikuti Ujian Nasional (Foto: Patrisius Sanene)

TUAPEIJAT - Sebanyak 979 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mengikuti Ujian Nasional (UN), dua orang diantaranya dinyatakan tidak lulus. Hasil tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, 02 Mei 2017.

Bisronel Siritoitet, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah tingkat SMA se-Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan dua orang yang tidak lulus berasal dari SMAN 1 Siberut Selatan dan sekolah swasta, SMA Plus Setia.

Baca juga:Seorang Siswa SMAN 1 Siberut Selatan Tidak Lulus UN

"Dari 11 SMA yang ada di Mentawai, Sembilan diantaranya dinyatakan lulus 100 persen," ujar Bisronel saat diwawancarai mentawaikita.com di kantornya, Kamis (04/05/2017).

Sembilan SMA tersebut, yaitu SMAN 2 Sipora, Madrasah Aliyah, SMAN 1 Sipora, SMAN 1 Siberut Tengah, SMAN 1 Siberut Utara, SMAN 1 Siberut Barat Daya, SMAN 1 Pagai Utara Selatan, SMAN 2 Sikakap dan SMA Lentera Harapan, katanya.

"Pelaksanaan UN di Mentawai masih menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang dilaksanakan secara serentak," jelasnya.

Baca juga:Minim Peralatan, UN SMA Mentawai Belum Berbasis Komputer

Dikatakannya, peserta UN di Mentawai terdiri dari 472 pelajar jurusan IPA dan 507 jurusan IPS.

Selain itu, data yang didapatkan mentawaikita.com dari Bachtiar, Fungsional Umum pada Sub Bagian Umum dan Perlengkapan Dinas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat tercatat pelajar SMA di Mentawai yang mengikuti UN, yaitu SMAN 2 Sipora yang berada di Tuapeijat sebanyak 179 siswa, terdiri dari jurusan IPA 102 siswa, IPS 77 siswa, serta ada tambahan peserta UN dari Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 11 orang peserta, jurusan IPS.

Kemudian SMAN 1 Sipora yang berada di Sioban diikuti 60 peserta jurusan IPA dan 42 peserta jurusan IPS. SMAN 1 Siberut Tengah, 19 peserta jurusan IPA dan 20 peserta jurusan IPS. SMAN 1 Siberut Utara, 57 peserta jurusan IPA serta 73 peserta jurusan IPS.

Sedangkan, SMAN 1 Siberut Barat Daya diikuti 15 peserta jurusan IPA dan 25 peserta jurusan IPS. SMAN 1 Pagai Utara Selatan sebanyak 99 peserta jurusan IPA dan 107 jurusan IPS. SMAN 2 Sikakap, 14 peserta jurusan IPA serta 13 peserta jurusan IPS.

Selanjutnya, SMA Lentera Harapan yang berada di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan diikuti 10 peserta jurusan IPA dan 10 peserta jurusan IPS. Selain itu, SMA Plus Setia diikuti 19 peserta jurusan IPA dan 22 peserta jurusan IPS.

(Patrisius Sanene)

  • Pin it
Komentar