Pelajar dan Mahasiswa Mentawai di Yogyakarta Turut Mengecam Akun Fitri Ananda

19-04-2017 20:27 WIB | Peristiwa | Editor: Rus Akbar
Pelajar dan Mahasiswa Mentawai di Yogyakarta Turut Mengecam Akun Fitri Ananda

Akun Fitri Ananda yang menyebar di facebook.

PADANG-Uma Pelajar dan Mahasiswa Mentawai (UPMM) Yogyakarta turut mengecam penggunan akun Fitri Ananda dalam Facebook yang ditulis dalam dinding akunnya dengan kalimat-kalimat yang merendahkan suku bangsa Mentawai yang ada di Sumatera Barat.

Menurut Penasehat UPMM Karlo Sadodolu masyarakat Mentawai bukanlah suku terendah dan terasing, saudari Fitri Ananda di akun Facebooknya secara terang-terangan menyatakan kebencian dan permusuhan terhadap kelompok suku, agama dan ras Mentawai.

"Kami mahasiswa yang bernaung dalam organisasi Uma Pelajar Mahasiswa Mentawai (UPMM) Yogyakarta sangat terganggu dan mengecam tindakan Fitri Ananda yang tidak menghargai kemajemukan sebagai sesama suku bangsa yang terkandung dfalam nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," ujarnya pada Mentawaikita, Rabu (19/4/2017).

Kemudian perbuatan yang dilakukan oleh saudari Fitri Ananda juga telah melanggar Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). "Kami menyatakan tindakan Fitri Ananda ini sangat berbahaya dalam menjaga harmonisasi kehidupan social masyarakat sesama suku dan mengkawatirkan postingan status Fitri Ananda ini akan menyulut kemarahan masyarakat suku Mentawai secara umum serta mengancam integrasi social sesame bangsa," terang Karlo.

Dengan masalah itu UPMM menolak tindakan pelecehan terhadap suku Mentawai dan menyamakan suku Mentawai seperti binatang, menolak diskriminasi terhadap suku, agama dan adat istiadat Mentawai baik itu secara verbal ataupun fisik, karena setiap suku sama dilindungi secara konstitusional.

"Mengecam sepenuhnya tindakan Fitri Ananda di akun Facebook pribadinya dan meminta maaf bai secara lisan ataupun tertulis kepada seluruh masyarakat suku Mentawai melaluhi media surat kabar dan media cetak lainnya," ujar Karlo.

UPMM juga meminta kepada aparat kepolisian aga segera memrposes saudari Fitri Ananda secara hokum. "Harapan kami seluruh elemen masyarakat Mentawai dan mahasiswa tetap menjaga Kebhinekaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa kita," tutupnya. (Rus Akbar)

  • Pin it
Komentar