SMAN 1 Siberut Utara Belum Sanggup Laksanakan Ujian Berbasis Komputer

10-04-2017 12:12 WIB Pendidikan
SMAN 1 Siberut Utara Belum Sanggup Laksanakan Ujian Berbasis Komputer

Kepala SMAN 1 Siberut Utara, Paulus Sikaraja memperlihatkan bahan ujian yang masih disegel. (Foto:Bambang)

SIKABALUAN-SMAN 1 Siberut Utara, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai belum sanggup melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini sebab sarana pendukung di sekolah seperti komputer yang belum memadai dan jaringan internet belum ada.

Menurut Adiarman, salah seorang pengawas UN dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Padang, pelaksanaan UNBK tergantung dari kesiapan sekolah. "Kalau sekolahnya belum siap masih dapat melaksanakan ujian berbasis kertas," kata Adiarman yang melakukan pengawasan pelaksanaan ujian di SMAN 1 Siberut Utara pada Mentawaikita.com, Senin (10/4/2017).

Adiarman menyebutkan, salah satu syarat untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer adanya fasilitas yang mendukung diantaranya komputer untuk siswa dan jaringan internet. (Baca juga: Minim Peralatan, UN SMA Mentawai Belum Berbasis Komputer)

"Jangankan kita yang di Mentawai, untuk daerah daratan saja masih ada yang belum berbasis komputer. Misalnya saja SMAN 2 Padang. Jadi peserta ujian dan pelaksana ujian di Mentawai tidak usah berkecil hati," katanya.

Ujian Nasional pada hari pertama dilaksanakan pada pukul 10.30 wib dengan bidang studi bahasa Indonesia. UN di SMAN 1 Siberut Utara diikuti sebanyak 129 orang.

"Sementara untuk pengawas ujian diambil dari guru SMAN 1 Siberut Utara, guru SMPN 1 Siberut Utara," kata Kepala SMAN 1 Siberut Utara, Paulus Sikaraja.

(Bambang Sagurung)

  • Pin it
Komentar