Pantai Mapaddegat, Destinasi Wisata yang Selalu Ramai Dikunjungi di Tuapeijat

05-04-2017 10:42 WIB Travel
Pantai Mapaddegat, Destinasi Wisata yang Selalu Ramai Dikunjungi di Tuapeijat

Pantai Mapaddegat di Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Foto: Yogi Al Fadly)

TUAPEIJAT -- Pantai Mapaddegat, destinasi wisata di Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara menjadi salah satu lokasi yang paling banyak diminati wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara.

Mapaddegat menjadi wisata alternatif bagi wisatawan karena lokasinya tidak jauh dari ibu kota kabupaten, hanya berjarak lebih kurang 3 kilometer. Pantai tersebut selalu ramai dikunjungi dihari libur ataupun akhir pekan.

Ardiani Saogo (28) ketika diwawancari mentawaikita.com saat berkunjung ke pantai itu bersama suami dan dua orang anaknya mengatakan Pantai Mapaddegat sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga.

"Selain dekat dari rumah saya, pantai ini bersih dan ombaknya tidak terlalu besar. Jadi aman untu anak-anak bermain air laut," ujarnya kepada mentawaikita.com saat ditemui di Pantai Mapaddegat bersama keluarganya.

Dikatakan Ardiani, menghabiskan waktu liburan diakhir pekan, dia bersama keluarga sering berkunjung ke Pantai Mapaddegat. "Kita sering kesini, mengisi liburan akhir pekan, kita kerap datang ke Pantai Mapaddegat, mandi air laut bersama anak-anak," ungkapnya.

Dia menambahkan, liburan ke Pantai Mapaddegat, biasanya mereka selalu membawa bekal dari rumah. "Sampai saat ini, belum ada yang jualan makanan di sekitaran pantai. Jadi, kita membawa bekal dari rumah saja untuk liburan ke pantai ini," jelasnya.

Pantauan mentawaikita.com, bangunan yang pernah difungsikan sebagai resort di kawasan itu menjadi salah satu lokasi yang menajdi pusat perhatian wisatawan. Bangunan tua tersebut dijadikan sebagai tempat berfoto oleh wisatawan.

Selain itu, Jepri Purba (29) seorang warga setempat yang juga bertugas sebagai penjaga pantai mengatakan meski Pantai Mapaddegat belum dikelola sepenuhnya sebagai destinasi wisata, namun penduduk lokal selalu menjaga kebersihan pantai. "Kami di sini selalu menjaga kebersihan pantai dari sampah plasik yang bertebaran sembarangan," katanya kepada mentawaikita.com.

Jepri menyayangkan di pantai tersebut belum tersedia fasilitas yang memadai. "Selain tidak adanya pedagang di sekitaran pantai yang memudahkan wisatawan untuk berbelanja makanan saat liburan, di pantai ini juga tidak ada fasilitas mandi bilas. Setelah mandi di laut wisatawan kesulitan mendapatkan air tawar untuk mandi bilas," ungkapnya.

Dia berharap Pantai Mapaddegat dapat diperhatikan dan dibangun sarana dan prasarana penunjang agar wisatawan lebih banyak lagi berkunjung ke pantai tersebut.

(Yogi Al Fadly)

  • Pin it
Komentar