Gaji Guru Kontrak Belum Dibayar Selama Tiga Bulan

20-03-2017 10:53 WIB | Pendidikan | Editor: Gerson Merari
Gaji Guru Kontrak Belum Dibayar Selama Tiga Bulan

Siswa SMAN 1 Pagai Utara Selatan, Kecamatan Sikakap bergotongroyong. (Foto:Leo)

BERKAT-Sejak pengelolaan SMA /SMK dan sederajat beralih dari dinas pendidikan kabupaten ke tangan dinas pendidikan provinsi, sudah 3 bulan gaji kontrak SMA di Kabupaten Kepulauan Mentawai belum dibayar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat.

Ardi Saogo, guru kontrak yang mengajar pelajaran sosiologi di SMAN 1 Pagai Utara Selatan, Kecamatan Sikakap mengatakan, saat dia pertama kali mengajar 2014-2016 pembayaran gaji dari Dinas Pendidikan Mentawai lancar dan jelas. Tetapi ketika beralih ke tangan provinsi pembayaran gaji tidak jelas.

"Meski ada keterlambatan dulu namun kepastiannya ada, beda sekarang tidak jelas entah kapan gajiannya," katanya kepada MentawaiKita.com, Sabtu (18/3/2017)

Lanjut Ardi, sejak Januari sampai sekarang (Maret) belum juga ada kejelasan pembayaran gaji mereka dari Disdikbud Provinsi Sumbar. Selama belum gajian ia terpaksa mengutang di kedai untuk bertahan hidup.

"Belum lagi saya harus bayar adik yang sedang kuliah, sebab orang tua sudah tidak mampu lagi membiayai karena sudah tua, itu sebagai tanggung jawab yang diamanatkan orang tua," ujarnya.

Menurut Ardi, guru kontrak di Pemda Mentawai digaji Rp2.221.500, sementara dari provinsi belum ada kejelasannya. Selain dirinya masih ada 2 orang rekannya di sekolah yang sama juga belum digaji.

"Untuk menutupi sedikit biaya saya selain sebagai guru kontrak di SMAN 1 PUS, tambahan sebagai tutor di UT, honornya hanya Rp 300.000 menerimanya hanya sekali persemester belum juga waktunya menerima ," katanya.

Sementara itu, Bendahara SMAN 1 PUS, Nopik Africo menyebutkan, selain gaji, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga belum cair. Seluruh berkas telah diajukan ke Disdik Provinsi Sumbar namun belum ada penjelasan waktu pencairan dananya.

"Hutang sekolah sejak Januari sampai Maret ini sudah lumayan apalagi Atk kebutuhan ujian sekolah , yang penting siswa dapat ujian dulu, mudah mudahan dana BOS secepatnya cair, SMA atau SMK lain juga mungkin sama yang ada di Mentawai," katanya.

Leo Marsen

  • Pin it
Komentar