Unik, Upacara Tahbis Calon Pastor di Mentawai Bernuansa Adat

23-01-2017 10:36 WIB Budaya Mentawai
Unik, Upacara Tahbis Calon Pastor di Mentawai Bernuansa Adat

Upacara tasbih dua orang calon pastor oleh Uskup Padang Mgr. Martinus D Situmorang, OFM. Cap di Gereja Katolik Santa Maria Auxilium Christianorum Sikabaluan bernuansa adat Mentawai. (Foto: Bambang Sagurung)

SIKABALUAN-Uskup Padang Mgr. Martinus D Situmorang, OFM. Cap melakukan upacara penahbisan dua diakon (calon pastor) di Gereja Katolik Santa Maria Auxilium Christianorum Sikabaluan, Minggu, 22 Januari 2017 dalam nuansa Mentawai. Dua diakon yang ditahbiskan tersebut yaitu Prian Doni Malau dan Wolfram Nadeak.

Sebelum Uskup Padang beserta para pastor dan calon diakon yang ditahbiskan memasuki gereja, umat menyambut di halaman gereja dengan turuk laggai, yakni turuk manyang sekaligus turuk penyambutan dengan pengalungan kalung dari manik-manik khas Mentawai.

Dalam tata perayaan misa, nuansa Mentawai kembali terlihat saat beberapa keluarga membawa persembahan hasil dari rezeki keluarga. Selain budaya Mentawai, dalam membawa persembahan ikut juga dari budaya Nias, Jawa, Batak.

"Diakon itu artinya hamba, pelayan. Artinya menyerahkan diri kepada Tuhan untuk melakukan pelayanan iman, " kata uskup Padang, Martinus Situmorang.

Kepala Paroki Sikabaluan, RD. Abel Maia mengatakan, pemakaian nuansa adat Mentawai dalam prosesi pentahbisan dua orang diakon ini sebagai tanda adanya keselarasan antara budaya dan Gereja Katolik.

"Gereja Katolik menghargai dan menghormati budaya yang ada termasuk budaya Mentawai, sehingga tidak mengherankan kalau dalam pesta gereja Katolik selalu ada inkulturasi dengan budaya setempat, " katanya.

Sekretaris panitia pentahbisan diakon, Agustinus Sabebegen mengatakan ketika calon diakon, pastor dan keuskupan memilih Gereja Katolik Sikabaluan sebagai tempat pelaksanaan pentahbisan dengan nuansa Memtawai, hal ini disambut baik seluruh umat.

"Makanya kita membuat bangunan uma adat di depan gereja, mempersiapkan turuk laggai dan sikebbukat yang akan menyampaikan sukat, " katanya.

(Bambang Sagurung)

  • Pin it
Komentar