YCM Mentawai Siapkan Pagelaran Seni Budaya

16-12-2016 09:15 WIB Budaya Mentawai
YCM Mentawai Siapkan Pagelaran Seni Budaya

Persiapan spanduk pagelaran seni budaya. (foto: rus akbar)

TUAPEIJAT-Untuk memperluas gerakan peduli lingkungan dan budaya Mentawai serta menambah wawasan dan pemahaman publik terhadap budaya di Mentawai, Yayasan Citra Mandiri (YCM) Mentawai akan melaksanakan kegiatan pagelaran seni budaya dan lingkungan selama 2 hari 19-20 Desember di Hotel Jelita kilometer 0 Tuapeijat.

Pada kegiatan pagelaran seni budaya tersebut juga Yayasan Citra Mandiri Mentawai akan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada tokoh-tokoh informal yang melakukan gerakan dan karya-karya untuk peduli budaya dan lingkungan Mentawai dimana sesuai dengan tema 'Mengpresiasi Karya Menghargai Budaya'.

Sebagaimana diketahui bahwa gerakan dan karya-karya mereka dalam membuka wacana dan kesadaran publik, mereka lakukan tanpa mengharapkan apa-apa, namun demikian Yayasan Citra Mandiri melihat bahwa karya dan gerakan mereka sudah seharusnya mendapatkan penghargaan atau apresiasi dari publik yang lebih luas.

"Sebetulnya ada banyak para pejuang budaya dan lingkungan, dalam even ini YCM Mentawai akan memberikan apresiasi kepada mereka yang mempunyai karya, melakukan penyelamatan kepada budaya dan lingkungan melalui karya-karya seninya," kata Direktur Radi Sura' FM Sandang Paruhum, pada Kamis, 15 Desember.

Menurut Sandang, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai juga perlu melihat dan memberikan apresiasi kepada para seniman di Mentawai yang peduli dengan budaya dan lingkungan melalui karya seninya, dan memberikan penghargaan kepada para pejuang budaya Mentawai yang hingga saat ini masih terus eksis.

Pada pagelaran seni budaya dan lingkungan tersebut juga akan dilaksanakan perlombaan lagu-lagu Mentawai yang dibuka untuk umum, untuk pendaftaran peserta lomba lagu-lagu daerah Mentawai dapat melakukannya di Radio Sura FM Mentawai di kilometer 7 Sipora Utara.

Mentawai yang memili budaya yang unik yang tergambar dari bagaimana mereka mengelola hidup dan kehidupannya dengan kondisi alam disekitarnya. Namun saat ini semua kearifan nilai budaya itu saat ini mulai tergerus dengan berbagai faktor penyebabnya karena semakin menurunnya kepedulian dan gerakan-gerakan kesadaran publik untuk peduli dan mencintai budaya Mentawai.

Memberikan penghargaan mereka yang berjuang menyelamatkan budaya dan lingkungan Yayasan Citra Mandiri Mentawai berkehendak memberikan penghargaan bagi orang-orang dan atau kelompok-kelompok masyarakat yang selama ini memberikan kontribusi melalui gerakan dan karya mereka untuk membangun kesadaran publik untuk mencintai budaya dan lingkungan Mentawai. (Patrisius Sanene)

  • Pin it
Komentar