Delapan Lokal SDN 01 Saibi Samukop Terancam Ambruk

22-02-2016 21:45 WIB | Remaja | Editor: ocha
Delapan Lokal SDN 01 Saibi Samukop Terancam Ambruk

Plang Merek SDN 01 Saibi Samukop

MENTAWAI - Sebanyak 8 ruangan lokal SDN 01 Saibi Samukop, Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai kondisinya tak layak karena beberapa bagian bangunan rusak dan rawan ambruk.

Kepala SDN 01 Saibi Samukop, Sion Sakeru mengatakan, jumlah ruangan yang dimiliki sekolah sebanyak 12 ruang namun 8 lokal kondisinya sudah rusak dan tak bisa digunakan. Tonggak bangunan pada 8 lokal tersebut sudah tidak ada lagi karena lapuk dan patah.

"Jendelanya kalau dibuka itu akan jatuh semuanya karna sudah tak kuat lagi dan kalau gempa datang rumah sekolah ini runtuh semua," katanya saat ditemui Puailiggoubat di ruang kerjanya, Rabu, 3 Februari.

Pemerintah, kata Sion, telah menganjurkan agar sekolah tersebut direlokasi ke tempat yang lebih aman. Mendapat anjuran tersebut, sekolah kemudian mencari lokasi yang jauh dari pantai namun setelah tempat pembangunan gedung baru tersedia tak ada tindak lanjut dari pemerintah.

"Di SDN 01 Saibi Samukop ini yang paling mendesak sekarang kalau pemerintah mau relokasi, relokasi saja secepatnya dan jika mau rehab, rehab secepatnya jangan kita di gantung-gantung sekarang," ujarnya.

Sion berharap, rencana pembangunan sekolah di lokasi yang baru segera dijalankan agar proses belajar mengajar berjalan efektif. Selain itu, Sion meminta, pembangunan harus lengkap dengan sarana pendukunganya. "Kalau mau relokasi dan pindahkan jangan tanggung,jika hanya dua lokal saja tidak ada artinya tidak efektif," ucapnya.

(Rinto)

  • Pin it
Komentar