BPBD Mentawai Salurkan Satu Unit Bus Untuk Anak Sekolah Di Bulasat

18-05-2016 01:21 WIB Pendidikan
BPBD Mentawai Salurkan Satu Unit Bus Untuk Anak Sekolah Di Bulasat

Mobil BNPB difungsikan sementara untuk mengangkut anak sekolah di Desa Bulasat, menjelang mobil bantuan Menko PMK datang (foto: Supri Lindra)

SIKAKAP-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai menyalurkan bus angkutan sekolah sementara di lokasi Hunian Tetap (Huntap) Desa Bulasat, KecamatanPagai Selatan. Bus BNPB itu akan ditarik setelah bus bantuan dari Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani sudah selesai dibeli.

Staf BPBD Mentawai Bagian Pusat Pengendali operasional Wartel Saogo yang mendampingi penyaluran bus tersebut menjelaskan mobil yang dikirimkan sekarang ini adalah sifatnya sementara saja menjelang mobil khusus untuk mengangkut anak sekolah selesai di buat.

"Informasi dari bapak Kalaksa BPBD Mentawai, kalau bus sekolah itu selesai dan akan langsung didistribusikan kepada masyarakat Desa Bulasat dan mobil ini akan ditarik lagi," ujarnya. Rabu (18/5/2016).

Mengenai pengelolaan langsung diserahkan kepada Camat Pagai Selatan kalau masalah bbm nanti akan disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pemberian bantuan bus sekolah tersebut muncul spontanitas dari Menko PMK Puan Maharani melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bantuan itu diberikan setelah mendapatkan keluhan dari warga Desa Bulasat Mawan Boru Saragih waktu kunjungan di KM 40 Desa Bulasat, Kecamatan Pagai Selatan, Kamis 28 April lalu.

Saat berdialog Mawan Boru Saragih menyampaikan kesulitan anak korban gempa bumi dan tsunami 2010 pergi ke sekolah SMP dan SMA yang berada di KM 37 Pagai Selatan kepada Puan Maharani. Demi sekolah anak-anak di Bulasat harus berjalan kaki 7 kilometer.

"Untuk itu hendaknya ibu Menko PMK Puan Maharani dapat memberikan bantuan satu unit mobil khusus untuk mengangkut anak sekolah," katanya saat dialog tersebut.

Mendengar keluhan tersebut Menko langsung menyetujui satu unit mobil angkutan anak sekolah untuk Desa Bulasat akan disiapkan sambil menunggu bantuan itu untuk sementara memakai mobil BPBD. (Supri Lindra)

  • Pin it
Komentar