SMK Pariwisata dan Perikanan Akan Dibangun di Sikakap

03-05-2016 04:10 WIB | Remaja | Editor: ocha
SMK Pariwisata dan Perikanan Akan Dibangun di Sikakap

Aktivitas nelayan di atas kapal penangkap ikan yang sedang sandar di Dermaga Tuapeijat. Sektor perikanan merupakan sektor andalan untuk perekonomian masyarakat Mentawai. Pemda Mentawai akan membuka SMK Perikanan dan Pariwisata. (Foto: Rus Akbar)

SIKAKAP-Dinas Pendidikan Mentawai akan membuka SMK di Kecamatan Sikakap Kabupaten Mentawai tahun ini. Pembukaan sekolah kejuruan ini bertunjuan mencetak tenaga kerja siap pakai.

"Tahun ini akan kita buka satu SMK lagi, sehingga di Mentawai sudah ada tiga SMK dimana sebelumnya sudah ada di Sipora dan Siberut," kata Sermon Sakerebau kepala Dinas Pendidikan Mentawai, Senin, 2 Mei 2016.

Menurut Sermon, pembangunan SMK di Mentawai sangat penting untuk menumbuhkan keahlian generasi mendatang. "Mereka jelas keahliannya apa yang akan dimiliki dan tentunya ini sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing," katanya.

Kepala Desa Matobe Kecamatan Sikakap, Silvanus Salamanang mengatakan ada dua lokasi yang disiapkan masyarakat untuk dijadikan lokasi pembangunan SMK Sikakap yaitu di Tunang dan Mangaukngauk. "Nantinya tinggal tim peninjau yang akan menentukan mana lokasi yang cocok dan sesuai dengan SMK yang akan dibangun," katanya.

Sementara Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat meninjau calon lokasi pembangunan SMK di Sikakap mengatakan lokasi pembangunan yang baik adalah tempat yang mendukung pelajar untuk belajar mengaplikasikan ilmu yang didapat. "Nantinya kalau kita membangun SMKnya, di sana ada hotel atau restoran yang mendukung tempat mereka praktek, juga ada ada laut atau tempat untuk praktek perikanan," katanya.

(Bambang Sagurung)

  • Pin it
Komentar