Dinas PUPR Mentawai Data Jalan Non Status Pagai Utara dan Sikakap

08-11-2018 09:39 WIB | Peristiwa | Reporter: Supri Lindra | Editor: ocha
Dinas PUPR Mentawai Data Jalan Non Status Pagai Utara dan Sikakap

Jalan di Dusun Taikako Hulu Timur Desa Taikako Kecamatan Sikakap. (Foto: Rus Akbar/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kepulauan Mentawai mendata jalan non status yang belum masuk dalam data base Dinas PUPR Kabupaten Mentawai, Dinas PUPR Propinsi Sumatera Barat atau Kementerian PU di Kecamatan Pagai Utara dan Kecamatan Sikakap.

Jalan non status yang di data Dinas PUPR Kabupaten Kabupaten Mentawai sebanyak lima ruas jalan. Dua ruas jalan di Kecamatan Pagai Utara dan tiga ruas jalan di Kecamatan Sikakap.

Dua ruas non status di Kecamatan Pagai Utara yakni jalan non status simpang Magairuk sampai pusat Dusun Magairuk, Desa Silabu Kecamatan Pagai Utara dan jalan non status jalan Dusun Tunang Tuggut sampai ke Dusun Mabulau Buggei Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara.

Sedangkan tiga ruas jalan non status di Kecamatan Sikakap yakni jalan non status mulai jalur IV trans sampai ke Dusun Taikako Hulu Desa Taikako Kecamatan Sikakap, jalan non status jalan lingkar mulai Dusun Sikakap Barat sampai ke Dusun HVA Desa Sikakap Kecamatan Sikakap dan jalan non status jalan poros mulai dari Dusun Kaleu sampai ke Dusun Mangaugau Desa Matobe Kecamatan Sikakap.

"Jalan non status maksudnya jalan yang belum masuk dalam data base Dinas PUPRbaik di daerah maupun Kementerian," kata Ridho Hutasoit, Kasi Pembangunan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Mentawai kepada Mentawaikita.com, Kamis (8/11).

Ia menyebutkan, jalan non status merupakan jalan poros yang pekerjaannya dikerjakan oleh masyarakat melalui program P2D Mandiri, PNPM Mpd, dana Alokasi Dana Desa (ADD) dan program lainnya.

Setelah didata, jalan non status ini nanti akan dimasukkan ke dalam data base dan akan ditingkatkan statusnya, apakah masuk dalam jalan kabupaten, jalan propinsi atau jalan pusat. "Kalau sudah meningkat statusnya maka perawatan jalan tersebut akan diserahkan kepada Dinas PUPR Kabupaten, Dinas PUPR Sumbar atau Kementerian PU," katanya.

  • Pin it
Komentar