Tas Siaga Bencana Ala Warga Sikakap

06-11-2018 11:34 WIB | Peristiwa | Reporter: Supri Lindra | Editor: ocha
Tas Siaga Bencana Ala Warga Sikakap

Ilustrasi tas siaga BPBD. (Foto: BPBD)

SIKAKAP—Gempa dan tsunami 2010 meninggalkan pelajaran penting bagi warga Desa Sikakap Kecamatan Sikakap Kepulauan Mentawai. Salah satunya menyiapkan tas siaga bencana yang siap dibawa saat gempa datang.

Tas siaga yang saya siapkan di rumah berupa tas ransel yang isinya surat-surat, baju, celana dan lainnya, sebab saya tinggal di tepi laut," kata Syaidina Ali(50), warga Desa Sikakap, Selasa (6/11).

Ia menyebutkan, tas siaga itu sudah disiapkannya pasca gempa dan tsunami 2010 agar dapat dibawa saat mengungsi. "Bila terjadi gempa bumi yang kuat dan berayun kami dan keluarga langsung lari saja dan membawa tas siaga ini, kebetulan rumah dekat dengan bukit yang jaraknya dengan tepi pantai ada sekitar 100 meter," katanya.

Warga lain, Marni (51) juga menyiapkan tas siaga di rumahnya yang berisi surat-surat penting seperti sertifikat tanah dan ijazah anak-anaknya. Selain itu juga ada beberapa pasang baju.

Desa Sikakap terletak di zona merah tsunami karena berada di pinggir pantai. Kepala Desa Sikakal, San Andi Iklas, mengatakan sebagai daerah yang berisiko tinggi bencana, kewaspadaan masyarakat perlu.

"Sekarang sudah ada jalan evakuasi di setiap dusun, paling sedikit jalan evakuasi 2 jalur, kita hanya bisa berdoa jangan ada lagi musibah yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, tapi kita beritahukan kepada masyarakat tetap waspada karena kita tidak tahu kapan akan terjadi gempa bumi," katanya.

  • Pin it
Komentar