Banjir Setinggi 1 Meter Merendam Silakoinan

05-11-2018 20:33 WIB | Peristiwa | Reporter: Hendrikus Samonganuot | Editor: Gerson M Saleleubaja
Banjir Setinggi 1 Meter Merendam Silakoinan

Banjir merendam pemukiman warga di Dusun Salappak. (Foto : Nahum/mentawaikita.com)

MUNTEI—Pemukiman warga di daerah Silakoinan yang meliputi Dusun Salappa, Bekkeiluk dan Magosi Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan terendam banjir setinggi 1 meter sejak Sabtu, (3/11/2018).

Kepala Dusun Magosi, Boas mengatakan, warga sampai saat ini masih bertahan di rumah namun tak bisa beraktivitas di luar rumah karena kampung masih terendam.

"Banjir sampai saat ini masih menggenangi perkampungan Silakoinan setinggi 1 meter lebih,belum ada tanda-tanda air akan surut," kata Boas kepada Mentawaikita.com, Senin (5/11/2018).

Di Dusun Magosi, kata Boas terdapat 23 kepala keluarga , semua rumah terendam banjir. Bahkan bebera rumah yang rata-rata berbentuk panggung tersebut tak bisa dihuni.

"Tidak ada korban jiwa namun kerugian material seperti tanaman dan ayam, dan beberapa fasilitas umum seperti gereja, balai dan pustu juga terkena dampak banjir," jelasnya.

Boas mengatakan, di dusunnya belum mendapat bantuan dari pemerintah, menurut kabar yang ia terima, baru Dusun Salappak dan Bekkeiluk yang mendapat bantuan dua hari lalu.

Sementara Anselmus, warga Bekkeiluk menyebutkan, akibat banjir yang menggenangi seluruh pemukiman, aktivitas darat masyarakat lumpuh. Untuk berkunjung ke rumah warga terpaksa menggunakan sampan.

"Rumah saya sendiri sudah kena sekitar 1 meter lebih lantai, dan barang-barang sebagian sudah basah dan tanaman cabai, pisang, pinang juga rusak karena derasnya banjir," katanya.

Tidak hanya itu masyarakat juga kesulitan air bersih, mereka terpaksa mengandalkan air hujan yang ditampung di ember untuk minum.

Anselmus menyebutkan, bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai baru di Dusun Salappak.

Menurut data rumah yang ada di Silakoinan, Bekkeiluk terdiri dari 25 kk, Magosi 23 kk dan Salappak 86 kk. Kemungkinan banjir akan berlangsung lama sebab curah hujan di daerah tersebut cukup tinggi.

  • Pin it
Komentar