MTs Swasta Pasapuat Dapat Bantuan Rp310 juta dari Semen Padang

05-11-2018 13:18 WIB | Pendidikan | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson M Saleleubaja
MTs Swasta Pasapuat Dapat Bantuan Rp310 juta dari Semen Padang

Maigus Nasir (kiri) menerima kunci dari ketua UPZ Baznas PT Semen Padang Oktoweri (dua dari kiri) disaksikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Tuapeijat, Muspika Kecamatan Sikakap dan kepala Dusun Pasapuat (Foto : Supri/mentawaikita.com)

SIKAKAP—Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Yayasan Ruhama Pasapuat, Dusun Pasapuat, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara mendapatkan bantuan dana Rp310 juta dari PT Semen Padang. Dana tersebut disalurkan melalui Unit Pengumpul Zakat Badan Zakat Nasional (UPZ Baznas) PT Semen Padang.

Ketua Yayasan Ruhama Pasapuat Dana, Maigus Nasir mengatakan, dana yang diberikan Semen Padang diperuntukan untuk membangun kantor majelis guru dan perpustakaan.

Ia menyebutkan, yayasan yang dia pimpin bergerak di bidang layanan pendidikan. Yayasan ini berdiri pasca gempa dan tsunami 2010. "Didasari karena jauhnya jarak bila anak-anak Dusun Pasapuat ingin melanjutkan pendidikan. Selain itu banyak anak di bawah umur yang putus sekolah dan langsung menikah. Waktu itu pernah saya sapa anak yang menurut saya masih dibawah umur lagi menggendong anak, waktu itu saya tanya siapa nama adeknya ini, anak itu langsung menjawab ini anak saya pak," katanya kepada Mentawaikita.com, Senin (5/11/2018).

Melihat hal itu, lanjut Maigus Nasir, mereka berdiskusi mencari solusi dari persoalan tersebut. Dari diskusi yang melibatkan kepala dusun, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda mereka memutskan mendirikan sebuah madrasah di Pasapuat.

"Berkat keseriusan dan dukungan dari semua unsur masyarakat maka tahun 2011 sudah mulai dibuka," jelasnya.

Saat pertama dibuka, madrasah tersebut memiliki 3 ruang belajar, kantor majelis guru dan perpustakaan. Sedangkan aset tanah yang dimiliki oleh Yayasan Ruhama Pasapuat 2 Hektar berasal dari hibah warga Dusun Pasapua.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Mentawai, Masdan mengatakan, kepada orang tua dan wali murid agar tidak ragu menyekolahkan anaknya di MTs Swasta Yayasan Ruhama Pasapuat sebab sekolah tersebut legalitasnya sudah resmi disamakan dengan sekolah Negeri.

Buktinya, kata Masdan, seluruh murid MTs Swasta Yayasan Ruhama Pasapuat juga menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Untuk itu diharapkan kepada orang tua dan wali murid tidak ada alasan lagi untuk tidak menyekolahkan anaknya," ujarnya.

  • Pin it
Komentar