Dampak Festival Pesona Mentawai, 27 Ribu Wisatawan Berkunjung

04-11-2018 15:12 WIB | Peristiwa | Reporter: Rus Akbar | Editor: ocha
Dampak Festival Pesona Mentawai, 27 Ribu Wisatawan Berkunjung

Stan yang menjual berbagai suvenir kerajinan Mentawai di ajang Festival Pesona Mentawai 2018 di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kepulauan Mentawai. (Foto: Rus Akbar/Mentawaikita.com)

MUNTEI—Pelaksanaan Festival Pesona Mentawai sejak tiga tahun lalu berdampak peningkatan kunjungan wisatawan asing dan lokal ke Kepulauan Mentawai. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai, Desti Seminora mengatakan, sejak Januari sampai November tahun ini, kunjungan wisatawan meningkat signifikan dibanding tahun lalu.

"Yang pasti dengan tiga tahun festival, angka kunjungan ke Mentawai semakin meningkat, tahun ini sampai November kunjungan wisata asing sudah di angka 12 ribu, begitu peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dari Sumatera Barat ke Mentawai yang biasanya agak ragu, sekarang ini mengalami peningkatan wisata nusantara melebihi kunjungan wisata asing sudah mencapai 15 ribu," ucapnya.

Tak hanya itu saja, dampak lain adalah bertumbuhnya usaha pariwisata terutama transportasi ke lokasi-lokasi wisata. Penambahan transportasi pariwisata seperti boat tidak hanya surfing saja tapi wisata pantai, ada penambahan transportasi angkot, ojek mengalami peningkatan.

"Begitu juga restoran dan rumah makan, kita lihat pantai Jati di Tuapeijat ada kafe dan sekarang sudah ada usaha-usaha pariwisata di masyarakat kita lihat di sini di Siberut," katanya.

Desti menambahkan, program pemerintah mengentaskan kemiskinan semakin ringan dengan berkembangnya sektor pariwisata. "Kami punya target mengembangkan desa wisata, Bupati akan canangkan itu, hasil diskusi kami dengan Kementerian Pariwisata dalam waktu dekat Muntei akan dijadikan desa wisata, masyarakat Muntei harus siap untuk dijadikan desa wisata baik dalam menerima tamu baik dalam hal budaya dan kebersihan," jelasnya.

  • Pin it
Komentar