Martabak Sagu Manis Ala Mentawai yang Menggugah Rasa

03-11-2018 00:39 WIB | Travel | Reporter: Rus Akbar | Editor: Gerson M Saleleubaja
Martabak Sagu Manis Ala Mentawai yang Menggugah Rasa

Martabak sagu ala Mentawai dipadukan dengan sate lilit yang enak. (Foto : Rus/mentawaikita.com)

MAILEPPET—Rasa yang gurih akan memanjakan lidah pencicip martabak sagu ala Mentawai yang akrab dibilang sikarak-karak, itulah salah satu yang kuliner yang ditampilkan dalam Festival Pesona Mentawai (FPM) 2018 di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Hanya tiga unsur dalam membuat matabak sagu ini, bahan utama adalah tepung sagu yang di gotjai atau sudah disaring, kemudian kelapa yang diparut, garam dan gula secukupnya. "Jika sagu sudah disaring kemudian dicampur kelapa," kata Martina Rama (40), dari Stan Dasa Wisma Anggrek I, Dusun Bat Joja, Desa Maileppet, Jumat (2/10/2018)

Sebelum menaruh sagu wadah dipanaskann dulu, kalau sudah panas sagu yang sudah dicampur kelapa ditabur ke dalam wadah setebal setengah sentimeter. Kemudian dipanaskan tapi ingat jangan memakai api yang besar.

"Setelah sagu itu setengah matang kemudian tabur gula secukupnya di atas sagu yang sudah masak setengah matang, kemudian wadah ditutup tunggu sekira lima menit jadilah martabak sagu yang siap untuk dimakan," katanya.

Rasa yang gurih sedikit asin dan manis menjadi makanan yang sangat nikmat, cara membuatnya juga mudah.

  • Pin it
Komentar