Siaga Bencana, Murid SDN 17 Taikako Diberi Pelatihan Mitigasi

02-11-2018 12:02 WIB | Pendidikan | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson M Saleleubaja
Siaga Bencana, Murid SDN 17 Taikako Diberi Pelatihan Mitigasi

Kepala SDN 17 Taikako memperlihatkan letak sekolah yang dekat pantai. (Foto : Supri/mentawaikita.com)

TAIKAKO—MuridSDN17 Taikako yang berada di Dusun Sikautek, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai diberikan pelatihan tentang kebencanaan tiap bulan di sekolahnya.

Kepala SDN 17 Taikako, Ilham mengatakan, program ini mereka lakukan sebab jarak sekolah dengan pantai cukup dekat sekitar 10 meter.

"Letak bangunan SDN17 Taikako di pinggir pantai, bahkan bisa dikatakan bersebelahan dengan pantai menyebabkan SDN 17 Taikako rawan terhadap bencana terutama sekali gempa bumi dan tsunami, agar siswa paham tindakan apa yang dilakukan setelah terjadi gempa bumi, pihak sekolah memberikan pelatihan kebencanaan terhadap siswa setiap bulan," kata Ilham kepada Mentawaikita.com, Jumat (2/11/2018).

Selain sekolah, pengetahuan kebencanaan juga diberikan lembaga swadaya masyarakat (LSM) CDRM Sikakap. LSM ini memberikan pendidikan kebencanaan empat kali dalam satu tahun. Ilham menyebutkan pelatihan ini penting untuk mempersiapkan murid dan guru jika menghadapi bencana.

Saat terjadi gempa, murid dan guru yang berada di sekolah berlindung di bawah meja, setelah gempa agak reda segera keluar ruangan dengan menutup kepala memakai buku. Tujuannya, kata Ilham agar terhindar dari timpahan benda keras,

"Kalau gempanya besar atau berayun siswa dan guru sesegera mungkin untuk mencari tempat yang lebih tinggi dan menjauhi pantai," katanya

Ilham, menyebutkan, jumlah siswa SDN17 Taikako sebanyak 97 orang dengan rombong belajar (rombel) enam lokal, jumlah guru 11 orang ditambah 1 kepala sekolah. Guru terdiri dari 7 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 3 orang kontrak dan 2 orang sukarela.

  • Pin it
Komentar