Wabup Mentawai: Penggunaan Dana Desa Belum Efektif

10-10-2018 15:43 WIB | Peristiwa | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: ocha
Wabup Mentawai: Penggunaan Dana Desa Belum Efektif

Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake. (Foto: Silvester Suntoro Sarogdok)

TUAPEIJAT--Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake, menjelaskan bahwa penggunaan anggaran desa di Mentawai belum efektif. Padahal dana desanya cukup besar, rata-rata Rp2 miliar hingga Rp3 miliar per desa per tahun.Hal itu disampaikannya saat kegiatan Bursa Inovasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Keluarga Berencana (DPMD2KB) Mentawai, di Tuapeijat, Rabu (10/10).

"Ada yang sudah berjalan baik, ada yang belum, tapi ini akan menjadi bagian pembelajaran kita untuk meningkatkan mekanisme kontrol pengawasan kita dari berbagai pihak, baik itu BPD, maupun dari kecamatan," katanya.

Korta berharap Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Kecamatan mengawasi penggunaan keuangan sehingga masyarakat atau pemerintah bisa melihat dampak signifikan terhadap anggaran. "Camat harus benar-benar mengawasi penggunaan anggaran dana desa sehingga pembangunan benar-benar dirasakan masyarakat di desa," jelas Korta.

"Seperti yang saya katakan bahwa inovasi itu bukan membuat sesuatu yang belum nampak, namun bagaimana uang satu juta rupiah bisa bertambah, jadi itu tujuan kita dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal," katanya.

Ia juga meminta kepala desa melibatkan masyarakat dalam melakukan inovasi seperti melibatkan masyarakat melalui gotong royong. Ia juga mengingatkan aparatur desa agar jujur dan transparan dalam mengelola dana desa.

  • Pin it
Komentar