Dana Desa Mentawai Besar, Pemdes Diminta Tak Lakukan Kesalahan

10-10-2018 15:16 WIB | Peristiwa | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: ocha
Dana Desa Mentawai Besar, Pemdes Diminta Tak Lakukan Kesalahan

Alex Indra Lukman, anggota Komisi V DPR RI saat berkunjung ke Tuapeijat Kepulauan Mentawai. (Foto: Silvester Suntoro Sarogdok)

TUAPEIJAT---Alex Indra Lukman, anggota Komisi V DPR RI mengatakan besarnya Alokasi Dana Desa di Mentawai wujud dari implementasi nawacita Pemerintah serta program membangun dari pinggiran.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara bersama rombongan dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Keluarga Berencana (DPMD2KB) Mentawai, Rabu (10/10).

Menurutnya hitungan dana desa di seluruh Indonesia, termasuk Mentawai mencapai Rp800 juta hingga Rp1 miliar ditambah dengan APBD nilainya memang bervariasi. "Bahkan di Mentawai jumlahnya Rp2 miliar hingga Rp3 miliar.

Anggaran sebesar itu, menurut Alex luar biasa. "Dengan nilai anggaran sebesar itu maka kita di desa punya peluang, punya kreativitas, bisa berkreasi, hanya demikian yang kita harapkan, 30 persen dari dana desa harus digunakan untuk pemberdayaan masyarakat," katanya.

Karena itu Alex berpesan agar masyarakat dapat menggali potensi desa yang ada serta mencocokkan dengan desa yang sudah berhasil berinovasi. "Sehingga kita tidak lagi melakukan uji coba -- uji coba," katanya.

Ia mengimbau agar pemerintah desa jeli membaca aturan -- aturan keuangan dengan membangun kerjasama atau komunikasi dengan Polsek setempat, penegak hukum atau lainnya yang bersangkutan dengan anggaran sehingga tidak ada kesalahan -- kesalahan dalam pengelolaan ADD.

  • Pin it
Komentar