Warga Sekitar Ikut Nikmati Fasilitas Internet SMPN 2 Sikakap

03-10-2018 10:59 WIB | Pendidikan | Reporter: Supri Lindra | Editor: ocha
Warga Sekitar Ikut Nikmati Fasilitas Internet SMPN 2 Sikakap

Foto pemasangan peralatan untuk tower Telkomsel di Saibi Samukop, Siberut Tengah, Mentawai (dok: Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Jaringan internet yang terpasang di SMPN 2 Sikakap Kepulauan Mentawai tidak hanya dapat dimanfaatkan sekolah namun juga warga sekitar karena menggunakan jaringan nirkabel (wireless/wifi).

Kepala SMPN2 Sikakap, Jonnedi mengatakan, password wifi SMPN 2 Sikakap dituliskan pada secarik kertas dan ditempel di dinding sehingga bisa diakses warga.

"Harapan kita kepada masyarakat agar dapat sama-sama menjaga supaya wifi sekolah SMPN2 Sikakap bertahan lama," katanya.

Jaringan nirkabel sekolah yang sudah dipasang sejak 2016 sangat memudahkan sekolah mengirimkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) secara online ke Kementarian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga operator komputer tak perlu lagi ke Padang mengirimkan data.

"Sejak ada wifi, sekolah kita tidak lagi mengirim operator komputer ke Padang, wifi tersebut bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui BP3TI," kata Jonnedi, Kepala SMPN2 Sikakap, Selasa (2/10).

Ia menyebutkan, sebelum ada wifi, tiap bulan sekolah harus mengirim operator komputer ke Padang. Sekolah paling sedikit mengeluarkan dana Rp1 juta itu untuk ongkos, penginapan, dan transportasi yang diambil dari dana operasional sekolah.

"Karena sekarang kita tidak lagi mengirim operator komputer ke Padang, dana tersebut bisa digunakan untuk kepentingan siswa," katanya.

  • Pin it
Komentar