Minggu Depan, Caleg Boleh Kampanye

22-09-2018 00:12 WIB | Politik | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: Gerson M Saleleubaja
Minggu Depan, Caleg Boleh Kampanye

Kantor KPU Mentawai

TUAPEIJAT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai memperbolehkan calon legislatif (Caleg) DPRD Mentawai Pemilu 2019 memulai rentetan kampanye mulai Minggu, 23 September 2018 sampai 14 Maret 2019.

"Kampanyenya sendiri itu tangal 23 September 2018 sampai 14 Maret 2019, untuk kampanye terbuka itu 14 Maret - 13 April 2019, sebelum sampai tanggal 14 Maret itu dianggap kampanye logis, menyampaikan visi dan misinya, mengumpulkan masyarakat di suatu ruangan misalnya, melalui baliho, poster, pamflet, juga media sosial," kata Ketua KPU Mentawai, Eki Butman kepada Mentawaikita.com saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (21/92018).

Eki menyebutkan, pihaknya telah memberikan bimbingan materi kampanye sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.23 tentang Kampanye Pemilu 2019 yang salah satu pasalnya melarang berkampanye di tempat-tempat ibadah, gedung pemerintahan, halaman sekolah, ataupun rumah sakit. Selain itu pemasangan baliho tidak mengganggu jalan dan dipasang di luar parit.

"Bagi yang melanggar, itu penindakannya secara kampanye undang-undang kepemiluan, dan kedua undang-undang hukum, termasuk melibatkan anak di bawah umur," jelasnya.

Sementara bantuan yang diberikan partai politik atau caleg baik berupa barang atau lainnya kepada masyarakat nilainya tidak boleh lebih dari Rp60 ribu, "misalnya salah satu parpol mau memberikan baju kostum, itu tidak lebih dari 60 ribu, kalau lebih dari itu, berarti pelanggaran," kata Eki.

  • Pin it
Komentar