BPN Targetkan 2.500 Bidang Tanah Gratis Sertifikat Pada 2019

13-09-2018 13:08 WIB | Peristiwa | Reporter: Bambang Sagurung | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
BPN Targetkan 2.500 Bidang Tanah Gratis Sertifikat Pada 2019

Sosialisasi dan Inventarisasi Penguasaan Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Gedung Serbaguna Desa Muara Sikabaluan. (Foto : Bambang/mentawaikita.com)

SIKABALUANKantor Pertanahan Kabupaten Mentawai menargetkan 2.500 bidang tanah telah memiliki sertifikat gratis pada 2019 melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) akan dilakukan di Kecamatan Pagai Utara dan Desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara.

"Target kita tahun depan itu 2.500 bidang untuk sertifikat tanah gratis," kata Kepala Seksi Pengukuran Tanah BPN Mentawai, Suyatna pada Mentawaikita.com, Rabu (12/9/2018).

Suyatna mengatakan, sebelum melakukan pengukuran untuk pembuatan sertifikat tanah masyarakat, pihak BPN Mentawai melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang menjadi target 2019.

"Kita memberikan sosialisasi terlebih dahulu sehingga masyarakat yang berminat dapat mendaftarkan diri pada pemerintah desa," katanya.

Untuk pengurusan sertifikat tanah gratis, kata Suyatna tidak dipungut biaya karena ini merupakan program dari pemeritahan Presiden Joko Widodo.

"Bila ada petugas di lapangan yang melakukan pungutan, segera laporkan karena semua biaya sudah ditanggung pemerintah," katanya disela acara Sosialisasi dan Inventarisasi Penguasaan Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Gedung Serbaguna Desa Muara Sikabaluan.

Ia menyebutkan syarat pengurusan sertifikat berupa fotocopy KTP, KK, surat keterangan kepemilikan tanah, surat keterangan desa, surat hibah/surat jual-beli atau surat pernyataan.

"Sedangkan luasan pengurusan sertifikat tanah gratis untuk satu bidang lokasi perumahan maksimal 5000m2 atau 1/2 hektar," jelasnya.

Selain pengurusan sertifikat tanah gratis untuk lokasi rumah, tahun ini juga ada pengurusan sertifikat tanah gratis untuk lokasi pertanian maksimal satu bidang 4 hektar dan untuk perorangan maksimal 3 bidang.

"Untuk saat ini di Mentawai sudah ada 13 ribu masyarakat yang memiliki sertifikat tanah. Kita berharap masyarakat menyambut baik rencana pemerintah melakukan program sertifikat tanah gratis," katanya.

Kepala Desa Muara Sikabaluan, Aprijon mengatakan dengan adanya program sertifikat tanah dapat meminimalisir konflik lahan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Selama ini persoalan tanah menjadi hal yang sangat krusial di tengah masyarakat sehingga dengan adanya program ini dapat meminimalisir persoalan yang terjadi," katanya.

  • Pin it
Komentar