20 Siswa SMKN 2 Mentawai Mendapat Beasiswa Program Indonesia Pintar

08-09-2018 20:30 WIB | Pendidikan | Reporter: Hendrikus Samonganuot | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
20 Siswa SMKN 2 Mentawai Mendapat Beasiswa Program Indonesia Pintar

Seorang guru SMKN 2 Mentawai (kanan) menyerahkan beasiswa PIP kepada seorang siswa (kiri). (Foto : Hendrikus/mentawaikita.com)

SAKKELO—Sebanyak 20 siswa SMKN 2 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kecamatan Siberut Selatan mendapat beasiswa dari Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp1 juta hingga Rp2 juta per orang.

Kepala SMKN 2 Mentawai, Amati Telaumbanua mengatakan, nilai beasiswa yang diterima bervariasi, ada yang mendapat Rp1 juta, Rp1,5 juta dan Rp2 juta.

Amati menyebutkan siswa yang diusulkan menjadi penerima PIP sebanyak 137 siswa, namun yang disetujui hanya 20 siswa. Penerima beasiswa berasal dari siswa kelas II dan III, sementara kelas I belum.

"Jadi tidak merata namun akan diusulkan lagi tahun depan supaya siswa lain mendapat juga, dan saya mengharapakan uang tersebut bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah, bukan untuk membeli kebutuhan orang tua beli rokok, beras dan lainnya itu tidak boleh digunakan," katanya kepada Mentawaikita.com, Sabtu (8/9/2018).

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memenuhi persyaratan yakni memiliki kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga (KK).

Menurutnya, persyaratan itu telah disampaikan kepada orangtua siswa agar mengurusnya agar anaknya mendapat beasiswa PIP.

Gorardus Baumanai, salah seorang siswa SMKN 2 Kepulauan Mentawai yang menjadi penerima beasiswa PIP mengatakan mendapat beasiswa Rp1,4 juta.

"Saya senang sebab dengan dana itu ia terbantu membeli kebutuhan sekolah seperti baju, sepatu dan peralatan sekolah lainnya," ujarnya.

  • Pin it
Komentar