Siberut Selatan Akan Jadi Tuan Rumah Festival Pesona Mentawai 2018

28-08-2018 10:43 WIB | Budaya Mentawai | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: ocha
Siberut Selatan Akan Jadi Tuan Rumah Festival Pesona Mentawai 2018

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Promosi, Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga, Matheus Samalinggai

TUAPEIJAT--Siberut Selatan akan menjadi tuan rumah Festival Pesona Mentawai yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispapora) Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun ini.

Matheus Samalinggai, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Promosi, Disparpora Mentawai mengatakan penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai 2018 akan dilaksanakan di Pulau Siberut di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Ya kita undur, karena ada beberapa persoalan, seperti yang kita ketahui bahwa bulan September dan Oktober semua sibuk ada lomba Desa Wisata dan Punen Laggai, itu dasarnya kenapa tidak jadi," katanya saat ditanya di ruang kerjanya pada Senin (27/8/2018).

Sesuai kesepakatan bersama, acara Festival Pesona Mentawai akan digelar pada tanggal 1 -- 4 November 2018, dimana Siberut Selatan sebagai tuan rumah, untuk lokasinya sendiri seluruh lingkungan pusat Kecamatan akan di gunakan sebagai Festival Pesona Mentawai, seperti Maileppet, Muntei, Puro dan Muara Siberut akan terlibat.

"Adapun item -- item yang akan dilaksanakan pertama, tanggal 1 adalah pembukaan dimana nanti akan dibuka oleh Bupati Mentawai, kalau ada tamu -- tamu kita dari kementerian atau provinsi lebih baik lagi, untuk acara pembukaan akan ada pawai budaya yang diikuti oleh peserta dengan menggunakan pakaian adat Mentawai, termasuk stand -- stand sudah diisi oleh masyarakat yang mau, seperi pameran dan sebagainya," jelas Matheus.

Pesertanya sendiri disebutkan Matheus, dari anak -- anak sekolah SD, SMP, SMA, tingkat Remaja dan Umum, kemudian untuk tanggal 2 merupakan acara puncak seperti perlombaan. Adapun perlombaan -- perlombaan yang akan diselenggarakan yaitu, prosesi tato Mentawai, kuliner tradisional Mentawai masak sagu kapurut, fashion show pakaian adat Mentawai, lomba panah, Lomba selaju sampan, lomba cipta lagu anak -- anak dimana lagunya sesuai dengan usia anak bukan lagu percintaan atau dewasa, serta kegiatan lainnya.

"Itu akan berlangsung tanggal 2 dan 3, jadi untuk lokasi acaranya tidak terpusat satu titik saja namun seluruhnya, misalnya di Muntei apa yang cocok disana, budaya, mungkin kegiatan budaya yang akan diselenggarakan di Muntei, kalau di Puro karena ada sungai mungkin selaju sampan, jadi seperti itu tujuan kita. Disisi lain juga untuk meningkat ekonomi masyarakat di Siberut, mau jual apa boleh," ujarnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, pihaknya memilih kegiatan kebudayaan di Muntei selain karena Desa Wisata, juga suasananya masih alami dan tenang, sehingga tamu VIP akan merasa senang dan sejuk berkunjung di Muntei.

  • Pin it
Komentar