Yosefia, Bangga Menjadi Pasukan Pembawa Baki Bendera

17-08-2018 20:07 WIB | Sosok | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Yosefia, Bangga Menjadi Pasukan Pembawa Baki Bendera

Yosefia (tengah), anggota Paskibraka Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi pembawa bendera pada upacara Prokmasi Kemerdekaan RI ke-73 di Tuapeijat. (Foto : Suntoro/mentawaikita.com)

TUAPEIJATRasa banggayang tak terkira dirasakan Yosefia Sarania Saleleubaja sebab pada upacara perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai, putri pasangan Yustinus Japet dan Yasinta ini didaulat menjadi pembawa baki bendera pusaka.

Menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tidaklah mudah, siswa asal SMAN 1 Siberut Utara ini digembleng oleh pembimbingnya sekitar sebulan di Tuapeijat, ibu kota Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Yosefia menceritakan selama menjalani pelatihan di halaman kantor Bupati Mentawai, ia sempat diguling oleh pembimbingnya karena melakukan kesalahan saat membawa baki bendera. Namun pelatihan yang sedikit keras tersebut membuatnya sukses membawa bendera merah putih pada upacara 17 Agustus 2018 di halaman kantor Bupati Kepulauan Mentawai.

"Sempat deg-degan, gimana gitu, tapi akhirnya sukses juga, saya merasa senang banget gitu. Kebetulan memang saya ada ekstrakulikuler di sekolah untuk Paskibra. Suka dukanya pasti adalah ya, sukanya bisa bersama dengan teman-teman yang berbeda daerah, yang tidak kenal jadi kenal, sukanya sering diguling oleh pelatih sampe pusing, tapi itu demi kebaikan juga," kata siswa kelahiran Tuapeijat, 25 Juli 2001 ini saat diwawancarai Mentawaikita.com usai upacara, Jumat (17/8/2018).

Siswi yang duduk di kelas XI IPA itu bercita-cita menjadi abdi negara, ia ingin menjadi seorang Polisi Wanita (Polwan).

"Saya mau jadi Polwan, muda-mudahan cita-citanya tercapai karena polwan itu baik, jadi tertarik gitu," ujarnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman kantor Bupati Mentawai berjalan lancar dan sukses. Seluruh undangan yang hadir memberikan dukungan kepada personel Paskibraka yang sukses menaikkan sang saka merah putih dengan tepuk tangan, bahkan anggota Paskibra kabupaten sempat meneteskan air mata kebahagiaan atas suksesnya tanggung jawab mereka

  • Pin it
Komentar