Prioritas APBDes Saliguma untuk Bangun Infrastruktur Perdesaan

08-08-2018 14:13 WIB | Peristiwa | Reporter: Rinto Robertus Sanenek | Editor: ocha
Prioritas APBDes Saliguma untuk Bangun Infrastruktur Perdesaan

Pekerjaan proyek tambatan perahu di Desa Saliguma Siberut Tengah, Mentawai. (Foto: Rinto Robertus)

SALIGUMA-Anggaran Desa Saliguma Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun ini fokus untuk pembangunan infrastruktur perdesaan.

Total APBDes Saliguma tahun ini, Rp3,4 miliar lebih yang bersumber dari APBN Rp1,7 miliar, APBD Rp1,6 miliar, bagi hasil pajak Rp3,5 juta dan dan bagi hasil restribusi Rp62 juta.

Dari total anggaran tersebut, pagu dana untuk pembangunan infrastruktur desa senilai Rp2,08 miliar yang terdiri dari 23 item pekerjaan.

keseluruhan Desa tersebut,Pagu dana Pembagunan Fisik infrastuktur Desa yang bersumber dari APBN dan APBD Senilai Rp2.088.516.000 yang terdiri dari 23 item pekerjaannya, diantaranya pembagunan dan pemeliharaan jalan, pembagunan jembatan, pembagunan dan pemeliharaan talud, plat deker, tambatan perahu, pipanisasi air bersih dan pembangunan PAUD.

Pendamping lokal desa, Jolly Sanenek mengatakan anggaran yang bersumber dari APBN dan APBD telah cair tahap 1 dan 2.

Pekerjaan yang berjalan, jembatan Bat Sasasai dan Batlappak, talud Sungai Gotap dan jalan rabat beton hampir semua sedang dalam pekerjaan. "Yang belum dikerjakan itu jalan dan jembatan di Tinambu yang direncanakan akan dikerjakan di tahap 3," katanya Rabu (8/8).

Salah satu kesulitan mengerjakan proyek fisik di Tinambu menurut Jolly, membawa material pabrikasi seperti besid an semen ke sana.

"Dusun Tinambu sangat jauh, menuju ke sana harus lewat darat turun dan naik bukit tapi mudah-mudahan ada solusi sampai material di sana, tapi kalau tidak bisa juga solusinya pekerjaan yang tidak jalan, itu pagu dananya harus dikembalikan lagi ke negara dan itu yang saya sampaikan ke Pemdes Saliguma," ujar Jolly.

Sementara pembangunan tambatan perahu beton sepanjang 150 meter di Malibakbak juga dikhawatirkan tidak selesai dikerjakan karena memang kondisi pekerjaannya.

  • Pin it
Komentar