Panel Surya Akan Hidupkan Listrik 16 Lokasi Akses Internet di Mentawai

07-08-2018 16:08 WIB | Peristiwa | Reporter: Patrisius Sanene | Editor: ocha
Panel Surya Akan Hidupkan Listrik 16 Lokasi Akses Internet di Mentawai

Parabola VSAT, salah satu perangkat keras internet bantuan BP3TI di SMKN 1 Kepulauan Mentawai. (Foto: (Patrisius Sanene)

TUAPEIJAT-Panel surya akan menjadi energi listrik 16 titik lokasi akses internet (wifi) yang telah disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kominfo.

Dukungan daya tersebut sebagai upaya peningkatan layanan komunikasi kepada masyarakat dari akses telekomunikasi selain juga banyaknya fasilitas internet yang belum maksimal memiliki dukungan arus listrik atau daya.

Banyaknya akses internet yang belum memiliki dukungan daya, Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai mengusulkan kepada Kemenkominfo melalui Badan Aksesibiltas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) sebelumnya bernama BP3TI agar mendapat dukungan power sehingga layanan internet wifi dapat maksimal digunakan.

Dukungan daya berupa panel surya (solar cell) tersebut sedang dalam proses distribusi. "Sekarang sedang dalam proses distribusi ke Mentawai, posisinya sudah di Padang," kata Beny Sinaga, Sekretaris Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Selasa (7/8).

Saat ini ada sebanyak 100 titik lokasi wifi yang sudah dibangun di beberapa tempat seperti di pustu, sekolah, kantor desa maupun camat namun beberapa mengalami kendala karena arus listrik sebagian belum ada dan belum mampu menghidupkan koneksi internet setiap hari. "Maka kemudian kita usulkan dan baru dapat untuk 16 titik lokasi," kata Beny.

Selain itu juga ada sebanyak 30 lokasi peningkatan bandwidth dari 1 Megabits per second (Mbps) menjadi 2 Mbps karena banyaknya pengguna seperti kantor desa, sekolah-sekolah dan pusat layanan kesehatan yang ada di dusun maupun di desa.

Berikut titik atau lokasi wifi yang akan mendapatkan dukungan daya panel surya adalah SMAN 1 Siberut Barat, Kantor Dusun Maguiruk, Pustu Tiop, Pustu Sagulubbek, Pustu Sotboyak, SMKN 1 Sipora Selatan yang berada di Saureinuk, Poskesdes Labuan Bajau, SMPN 1 Pagai Selatan, Pustu Salappak, Pustu Simatalu, Pustu Kaleak di Siberut Barat Daya, SMPN 2 Siberut Barat, Pustu Sirusurak, Pustu, Bose, Pustu Bojakan dan Pustu Sigapokna.

Kemudian titik lokasi peningkatan bandwidth dari 1 Mbps menjadi 2 Mbps adalah Akademi Komunitas Negeri Mentawai, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Sipora Utara, Kantor Desa Sioban, Kantor Kecamatan Siberut Barat, Kantor Kecamatan Siberut Tengah, Kantor Kecamatan Sikakap, Kantor Kecamatan Siberut Barat Daya, Kantor Kecamatan Sipora Selatan.

Kemudian Kantor UPTD Dishubkominfo Sikakap, Poskesdes Dusun Rokot, Puskesmas Mapaddegat, Puskesmas Muara Sikabaluan, Puskesmas Saumanganyak, Puskesmas Siberut Barat, Pustu Mabekbek, Pustu Malilok, Pustu Pasakiat, Pustu Puro, Pustu Sagitcik, Pustu Saureinuk.

Lalu SDN 16 Tuapeijat, SMA Plus Setia, SMN 1 Siberut Tengah, SMAN 1 Siberut Utara, SMAN 2 Sipora, SMP Kristen Cahaya Bangsa, SMPN 1 Siberut Utara, SMPN 2 Siberut Selatan, SMPN Sipora dan STT Kasih Mentawai di Sikakap.

  • Pin it
Komentar