Menikmati Libur Akhir Pekan di Pantai Muara Sikabaluan

02-08-2018 11:13 WIB | Travel | Reporter: Bambang Sagurung | Editor: Zulfikar
Menikmati Libur Akhir Pekan di Pantai Muara Sikabaluan

Pantai Muara Sikabaluan (Foto: IST / www.mentawaikita.com)

SIKABALUAN -- Deburan ombak silih berganti, menerpa pasir pantai nan putih. Rindangnya pepohonan cemara berjejer sepanjang pantai, dihiasi rumput hijau yang tumbuh di bawahnya, Pantai Muara Sikabaluan tidak kalah indahnya dengan pantai lain untuk menikmati liburan akhir pekan.

Tidak hanya itu, senja di Pantai Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga menakjubkan, menikmati keindahan saat-saat matahari terbenam, dan melihat nelayan pulang menangkap ikan.

Pantai Muara Sikabaluan lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kecamatan, dapat dijangkau dengan jalan kaki, hanya berjarak sekira 5 kilometer.

Keindahan Pantai Muara Sikabaluan dapat dinikmati hingga Toinong Limu (Tanjung Limu) yang menjadi jalur masuk ke Dermaga Pokai, Desa Muara Sikabaluan.

Hingga saat ini, belum ada tarif masuk yang ditetapkan untuk berkunjung ke Pantai Muara Sikabaluan, keindahan pantai dapat dinikmati sepuas mungkin. Atau, bagi wisatawan yang hobi memancing, pantai Muara Sikabaluan juga dapat menjadi pilihan.

Jika musim hujan, ketika air laut di pintu muara sungai mulai keruh, pemandangan gerombolan ibu-ibu membawa tangguk besar menangkap ikan-ikan kecil dan udang menjadi pemandangan dan daya tarik tersendiri.

Tahun ini, pemuda Dusun Muara dan Nangnang mulai meramaikan bibir pantai Muara Sikabaluan untuk bermain selancar, mereka juga mulai membangun pondok-pondok kecil di bawah rindangnya pohon cemara, lokasi ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengabadikan momen-momen liburan atau berfoto ria untuk diupload ke media sosial. Lokasi tersebut juga dilengkapi buayan sederhana yang dibuat secara swadaya.

Pemuda setempat juga meramaikan pantai Muara Sikabaluan untuk berolahraga, bermain voli pantai, mulai diramaikan.

Menikmati liburan di pantai Muara Sikabaluan tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mengunjungi pulau-pulau terdekat, seeperti Pulau Tumbang, Simasin dan Ampela, dengan jarak tempuh sekira 15 menit sampai 1 jam perjalanan menggunkan perahu mesin (pompong).

Di beberapa pulau tersebut, seperti Pulau Tumbang contohnya, wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang. Namun, sangat disayangkan, pulau yang berkuran sekira 1,5 hekter itu semakin hari semakin susut akibat abrasi, pasirnya terus digerus penambang untuk bahan bangunan, sama hal nya dengan nasib pantai Muara Sikabaluan, yang semakin masif ditambang penambang liar.

Penanggulangan abrasi pantai dan penataan wilayah pantai, sudah beberapa kali diusulkan masyarakat Sikabaluan, namun hingga 2018, belum ada realisasi.

Berdasarkan data dari LPSE Mentawai, kegiatan yang ada untuk menyelamatkan pantai Muara Sikabaluan baru sebatas jasa konsultasi perencanaan abrasi pantai yang dimenangkan PT. Wandra Cipta Engineering Consultant, dengan anggaran Rp149 juta.

Jika memiliki kesempatan berkunjung ke Sikabaluan, tidak ada salahnya singgah ke pantai Maura Sikabaluan, sekedar mengabadikan momen liburan atau berfoto untuk diupload di media sosial.

  • Pin it
Komentar