Miris, Sudah 4 Tahun Siswa SDN 09 Makalo Mentawai Belajar di Lantai

26-07-2018 21:06 WIB | Pendidikan | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Miris, Sudah 4 Tahun Siswa SDN 09 Makalo Mentawai Belajar di Lantai

Murid SDN 09 Makalo, Kecamatan Pagai Selatan belajar di lantai. (Foto : Delti Hardi Sababalat)

MAKALO—Sebagian besar siswa SDN 09 Makalo yang terletak di Dusun Mapoupou, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan Kepulauan Mentawai terpaksa belajar di lantai karena tidak ada kursi dan meja. Kondisi ini bahkan sudah berlangsung 4 tahun.

"Sudah 4 tahun lamanya siswa tidak belajar menggunakan kursi dan meja, para siswa belajar di lantai karena sebab itu," kata Sundarsin Sababalat, warga Dusun Mapoupou, Desa Makalo kepada Mentawaikita, Rabu, 11 Juli.

Sundarsin Sababalat mengaku prihatin melihat kondisi ini karena melihat siswa harus membungkuk di lantai saat menulis. Ada siswa yang menggunakan lutut untuk alas menulis.

"Harapan kami kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai agar dapat memberikan bantuan kursi dan meja sebanyak 6 paket, supaya siswa tidak lagi belajar menggunakan lantai sebagai pengganti meja dan kursi, terutama sekali Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai," katanya.

Sementara Eduar Taileleu, orang tua murid, mengatakan, keadaan seperti ini sudah berlangsung sekitar 4 tahun. Anaknya yang baru saja lulus dari SD tersebut juga mengalaminya. Kondisi itu diakuinya membuat siswa sulit berkonsentrasi dalam belajar.

"Kami sebagai orang tua murid sangat berharap sekali Perintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam hal ini Dinas Pendidikan harus cepat mengambil tindakan supaya belajar seperti ini tidak terjadi lagi, bagaimana kita akan menciptakan generasi yang berkualitas dalam menuntut ilmu saja anak-anak kita masih tertindas," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sermon Sakarebau yang dikonfirmasi kejadian itu membenarkan situasi belajar murid SDN 09 Makalo yang belajar di lantai.

Baca :Ini Penyebab Kursi dan Meja Kurang di SDN 09 Makalo

"Sesuai dengan data yang kita terima memang benar sebagian siswa SDN 09 Makalo terpaksa belajar di lantai, hal ini disebabkan karena keterbatasan kursi dan meja," kata Sermon kepada mentawaikita.com, Kamis (26/72018).

Secara pribadi, Sermon menyesali atas kejadian tersebut, "terus terang saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai sangat prihatin melihat hal ini, sebenarnya ada beberapa sekolah lagi yang perlu di tambah mebelernya seperti SDN 06 Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan, kerusakan mebeler terjadi setiap tahun, kita dari dinas tiap tahun terus menganggarkan pengadaan mebeler sekolah SD dan SMP," jelasnya.

  • Pin it
Komentar