Suticih, Berawal Hobi Membuat Kue Kini Menjadi Bisnis

21-07-2018 12:38 WIB | Sosok | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Suticih, Berawal Hobi Membuat Kue Kini Menjadi Bisnis

Suticih sedang mempersiapkan kue pesanan pelanggan. (Foto : dok.keluarga/mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Berawal dari hobi membuat kue dan menyediakan cemilan buat keluarganya, Suticih (36), seorang ibu rumah tangga di Tuapeijat kemudian termotivasi mencoba menjual kue buatannya itu kepada orang lain.

Usaha pembuatan kue pesanan ini mulai digeluti Suticih pada 2012, rumahnya yang berada di KM 7, Dusun Tunas Baru, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara menjadi 'pabrik' pembuatan kue sederhana.

"Ya mas, dulunya sih saya cuma coba-coba saja, kebetulan suka bikin kue untuk cemilan di rumah, juga anak-anak sering minta dibuatin kue gitulah mas," kata Suticih kepadamentawaikita.com, Sabtu, 14 Juli.

Meski hidup sederhana, Suticih tidak mau membebankan pemenuhan kebutuhan keluarga ke pundak suaminya.

Tak disangka, dari bisnis coba-coba itu, usaha kue pesanan perempuan kelahiran di Haurgeulis, 02 November 1982, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa barat berkembang dan mulai digandrungi warga sekitar.

Dari usaha tersebut, dirinya mendapat omzet Rp3 juta per bulan dengan modal Rp1 juta. "Kalau untuk pelanggan lumayan mas, setiap harinya selalu ada apalagi kalau lagi ramai, tapi kalau sepi hanya ada dalam seminggu itu 2-3 orang," tuturnya.

Kue yang dibuat Suticih disesuaikan dengan pesanan pelanggan seperti macam-macam kue bolu, kue pengantin, kue ulang tahun, jajanan pasar dan catering. Meski menurutnya ada beberapa kue yang ia buat agak sulit namun berkat ketekunannya, pembuatan kue itu dapat dipenuhi.

Sebelum menggeluti usaha kue, ia hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, ketika itu anak-anaknya masih sangat kecil. Kesempatan kemudian muncul pada 2012 seiring perkembangan Tuapeijat sebagai ibu kota Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pesanan kue pun mulai datang dari teman dan kolega yang lain.

Kegigihan usaha pembuatan kue yang dilakoni Suticih pun mulai diapresiasi pemerintah setempat sehingga tak jarang dirinya sering diikutkan perlombaan masak dan membuat kue baik tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai maupun Provinsi Sumatera Barat.

Selain membuka usaha kue pesanan, Suticih juga aktif di kegiatan organisasi ibu-ibu, seperti PKK, Dasawisma, serta organisasi lainnya

  • Pin it
Komentar