10 Warga Siberut Tengah Positif TBC

10-07-2018 18:59 WIB | Peristiwa | Reporter: Rinto Robertus Sanene | Editor: Rus Akbar
10 Warga Siberut Tengah Positif TBC

Berian Salelenggu sedang memeriksa dahak warga dengan mikoskop. (Foto istimewah)

SAIBI SAMUKOP-Puskesmas Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali menemukan warga yang terjangkit positif Tubercolosis (TBC) dari hasil pemeriksaan dahak yang di ambil di masing-masing warga.

''Iya, sudah ada 10 warga dari hasil pemeriksaan kita yang positif terjangkit penyakit TBC tahun ini dan sudah kita tangani dengan memberikan obat-obatannya,'' kata pengelolah program TBC Puskesmas Saibi Samukop Berian Salelenggu, Selasa (10/7/2018).

Berian menyebutkan Warga yang positif TBC tersebut merupakan hasil penjaringan di setiap Desa dan Dusun sejak bulan Mei yang lalu. "Warga Saliguma yang banyak ada 7 orang dan selebihnya di Sirisurak Saibi Samukop," ujarnya.

Penjaringan di lapangan, kata Berian terus berlanjut tahun ini dari Saibi Samukop dan Cimpungan, jika masih ditemukan warga yang positif terjangkit penyakit TBC segera dilakukan pengobatan yang berlangsung selama 6 bulan. "Kita bukan hanya memberikan obat saja tapi kita selalu melakukan pengecekan bagaimana perkembangannya selama minum obat, selain kita lakukan penjaringan, kita juga lakukan sosialisasi penyakit TBC ini kepada warga-warga setempat," ujarnya.

Tahun lalu, lanjut Berian juga ada warga yang terjangkit penyakit TBC namun ketika di berikan obat-obatan selama 6 bulan sehingga mengalami kesembuhan. "Jumlah yang terjangkit TBC tahun lalu kita kurang tahu tapi mereka sudah sembuh dan memang penyakit ini muncul dari pola makanan dan lingkungan dan itu yang mesti dijaga agar penyakit ini tak kambuh lagi," katanya.

Untuk Peralatan Pemeriksaan dahak warga, tambah Berian selalu tersedia di Puskesmas Saibi Samukop. "Yang sedikit terkendala kita penjaringan soal transportasi ini menuju dusun dan bagaimanapun tetap akan terus berusaha lakukan penjaringan," ujarnya.

  • Pin it
Komentar