Sitinur Samaloisa Menggantungkan Hidup dari Bantuan Warga

10-07-2018 14:32 WIB | Peristiwa | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson M Saleleubaja
Sitinur Samaloisa Menggantungkan Hidup dari Bantuan Warga

Sitinur Samaloisa (tengah) menerima bantuan dari Polsek Sikakap. (Foto : dok.polsek sikakap)

SIKAKAP-Keterbatasan fisik yang dialamiSitinur Samaloisa (39), warga Dusun Bakat Monga, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap membuat dirinya tak bisa beraktivitas bebas dan melakukan pekerjaan.

Sejak lahir Sitinur tak bisa melihat, kini sudah sebelas tahun ia tinggal sebatang kara. Ayah Sitinur yakni Iser Samaloisa sudah lama meninggal sementara ibunya bernama Kristina telah pindah ke Dusun Mapoupou, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan.

Sitinur tinggal di rumah kayu yang berukuran 4 x 3 meter. Rumah yang ditempati Sitinur dibangun oleh warga Dusun Bakat Monga secara gotong royong pada 2016.

Untuk bertahan hidup, Sitinur mengandalkan pemberian warga di sekitar tempat tinggalnya. Saat almahum kepala desa Sikakap Suharman hidup, ia pernah memberikan bantuan kepada Sitinur.

"Sitinur Samaloisa hidup sebatang kara sejak ditinggalkan oleh ibunya Kristina yang sekarang pindah ke Dusun Mapoupou, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, Sitinur Samaloisa juga cacat fisik dimana kedua matanya tidak bisa melihat sejak bayi, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Sitinur Samaloisa dibantu oleh masyarakat yang merasa kasihan melihat keadaan beliau," kata Kepala Dusun Bakat Monga, Portius Samaloisa kepada mentawaikita.com, Kamis (5/7/2018).

Portius Samaloisa menyebutkan, jika ingin ke luar rumah, Sitinur Samaloisa menggunakan sebatang kayu sebagai tongkat.

Di rumahnya yang satu kamar dengan sedikit ruangan tempat duduk di depan kamar, Sitinur biasanya duduk saat siang hari.

Portius menyebutkan, soal makan selalu ada warga yang memberikan makanan kepada Sitinur.

"Harapan kita agar ada bantuan hidup yang layak dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai agar Sitinur Samaloisa bisa hidup layak, waktu ulang tahun Bhayangkara ke 72 polsek Sikakap memberikan bantuan sembako kepada Sitinur Samaloisa, harapan kami akan ada bantuan-bantuan berikutnya buat Sitinur Samaloisa," ujar Portius

  • Pin it
Komentar