Internet Lancar, SMAN 1 Pagai Utara Tidak Kesulitan Kirim Dapodik

10-07-2018 14:03 WIB | Pendidikan | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Internet Lancar, SMAN 1 Pagai Utara Tidak Kesulitan Kirim Dapodik

Guru SMAN 1 Pagai Utara sedang mengirimkan Dapodik menggunakan wi-fi sekolah. (Foto : Supri/mentawaikita.com)

PAGAI UTARA-SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara kini telah memiliki jaringan internet berupa wi-fi bantuan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bantuan tersebut diberikan pada April 2018.

Keberadaan wi-fi tersebut mempermudah sekolah ini mengirim Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Wi-fi SMAN 1 Pagai Utara bantuan dari Diskominfo Mentawai diberikan pada tahun ini, sejak ada wi-fi tersebut sekarang SMAN 1 Pagai Utara tidak kesulitan lagi mengirim Dapodik," kata Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko kepada mentawaikita.com, Jumat, (6/7/2018).

Dulu sebelum ada wifi, kata Nofik Afriko, mereka mengirim Dapodik ke Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap dengan menumpang di tempat instansi yang ada memiliki wi-fi.

"Kalau wi-fi di Sikakap atau puskesmas Saumanganyak tidak bagus pihak sekolah terpaksa harus mengirim operator ke Padang untuk mengirim Dapodik siswa dan guru," ujarnya.

Biaya yang dibutuhkan jika ke Padang mencapai Rp2,5 juta hingga Rp5 juta tergantung lama operator di Padang. Dana tersebut digunakan untuk biaya transportasi, penginapan dan makan.

Sementara untuk daya listrik untuk mengaktifkan wi-fi itu sendiri, sekolah menggunakan mesin genset sebab belum ada jaringan PLN di sekolah itu.

Sesuai dengan kesepatakan, wif-i SMAN 1 Pagai Utara diaktifkan pada jam sekolah yang dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

"Lama hidup wi-fi sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah, untuk menghidupkan genset sekolah membutuhkan bensin 15 liter dengan harga Rp10 ribu per liter, dana beli bahan bakar minyak diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah, sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan dana BOS," katanya.

  • Pin it
Komentar