Warga Gorottai Nikmati Pemukiman Baru

11-06-2018 20:43 WIB | Peristiwa | Reporter: Bambang Sagurung | Editor: Rus Akbar
Warga Gorottai Nikmati Pemukiman Baru

Pemukiman baru warga Gorottai, Desa Malancan, Siberut Utara. (Foto: Bambang Sagurung/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Banjir yang terjadi pada Mei lalu tak lagi dikhawatirkan oleh warga kampung Gorottai Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara,Kabupaten Kepulauan Mentawai,karena sejak Februari 2018 mereka sudah pindah kepemukiman baru yang terletak diseberang sungai Terekanhulu atau sekira 2 KM dari perkampungan lama.

"Kami tahu banjir pas melihat barang-barang dipemukiman lama, ternyata ada bekas banjir hingga lantai rumah," kata Lukas Sirisurak padaMentawaikita.com, Sabtu(2/6/2018).

Dikatakan Lukas, warga kampung Gorottai yang sekarang tinggal 13 kepala keluarga memindahkan diri keperkampungan baru pada Februari 2018 dengan membuat rumah panggung sederhana. Diperkampungan baru ini sudah berdiri rumah panggung sederhana milik warga sebanyak 7 unit, sementara keluarga lainnya yang belum memiliki rumah sedang dalam tahap pengumpulan bahan.

"Yang belum punya rumah itu mereka tinggal bersama keluarga atau orangtua mereka menunggu bahan rumah mereka terkumpul," katanya.

Warga Gorottai sengaja tidak membuka rumah mereka yang ada dipemukiman lama karena akan dijadikan sebagai tempat singgah atau beristirahat saat melakukan aktifitas berladang disana. "Saat kita membersihkan ladang pinang, kelapa, pisang sudah ada rumah disana karena mata pencaharian masyarakat saat ini masih ada dipemukiman lama," katanya.

Goiran, salah seorangsikebbukatuma di Gorottai mengatakan salah satu faktor yang membuat masyarakat pindah ke dusun tetangga, sepeti Terekanhulu, Sirilanggai, Malancan dan Polipcoman karena sering terjadinya banjir. "Asal terjadi hujan lebat maka akan siap-siap datang banjir," katanya.

Dengan adanya pemukiman baru, dikatakan Goiran akan membebaskan masyarakat dari banjir sehingga aktifitas masyarakat untuk berladang atau bertani tidak terganggu. "Kita berharap adanya jalan yang layak dari pemukiman baru menuju dusun lainnya atau ke pusat kecamatan sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Tahun ini masyarakat Gorottai akan mendapat bantuan pembangunan rumah dari Kementerian Perumahan melalui Dinas Perumahan Rakyat kabupaten Mentawai. Untuk mendapatkan bantuan pembangunan rumah ini masyarakat Gorottai difasilitasi oleh YCM Mentawai melalui program Peduli Kemitraan Partnership.

"Kita memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan usulan bantuan pembangunan rumah kepada pemerintah dan sekarang prosesnya menunggu sosialisasi pembangunan. Kita berharap pembangunannya nanti tidak mengalami kendala," kata Reza Fernanda, project manager program Kemitraan YCM Mentawai.

Untuk mendukung rencana pembangunan rumah tersebut masyarakat sudah melakukan pembersihan lahan dan penataan tata ruang wilayah sehingga ketika pelaksanaan pembangunan rumah masyarakat dapat tertata dengan baik.

  • Pin it
Komentar