Jelang Lebaran Harga Beberapa Bahan Pokok di Sikakap Turun

08-06-2018 10:37 WIB | Ekonomi | Reporter: Supri Lindra | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Jelang Lebaran Harga Beberapa Bahan Pokok di Sikakap Turun

Hen Tamar, salah seorang pedagang Sikakap melayani pembeli. (Foto : MentawaKita.com/Supri)

SIKAKAP-Jelang hari raya Idul Fitri 1439 hijriah harga sejumlah bahan pokok di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap mengalami penurunana.

Harga pokok yang mengalami penuruanan tersebut yakni cabai merah sebelumnya Rp45 ribu per kilogram turun menjadi Rp30 ribu perkilogram, bawang merah dari Rp37 ribu per kilogram menjadi Rp32 ribu perkilogram. Kemudian tomat dari Rp15 ribu per kilogram turun menjadi Rp9 ribu per kilogram, cabai rawit dari Rp50 ribu per kilogram turun Rp37 ribu per kilogram, sayur lobak Rp10 ribu per kilogram turun menjadi Rp7 ribu per kilogram.

Sementara bahan pokok yang mengalami kenaikan yakni bawang prei dari Rp12 ribu per kilogram naik Rp15 ribu per kilogram, beras kampung dari Rp14 ribu per kilogram naik Rp15 ribu per kilogram.

Sedangkan harga pokok yang tidak mengalami kenaikan yakni minyak manis Rp12 ribu per kilogram, bawang putih Rp30 ribu per kilogram, gula Rp12 ribu perkilogram.

Hen Tamar, salah seorang pedagang sembako Desa Sikakap mengatakan, ketika menjelang puasa ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan, tapi sekarang jelang lebaran beberapa bahan pokok mengalami penurunan.

"Biasanya setiap masuk puasa dan lebaran bahan pokok akan naik, lebaran tahun sekarang malah ada beberapa bahan pokok yang turun harganya," kata Hen Tamar kepada MentawaiKita, Jumat (8/6/2018).

Hen menyebutkan, angka penjualan mengalami penurunan dibanding saat awal puasa. Saat puasa dirinya transaksi mencapai Rp5 juta per hari sekarang hanya Rp2 juta-2,5 juta per hari.

"Kecuali hari Rabu kapal KMP Gambolo masuk ke Sikakap, sebab hari Rabu itu merupakan hari pasar di Desa Sikakap, semua masyarakat baik yang dari Pagai Utara, Pagai Selatan akan belanja di Desa Sikakap, kenapa harga bahan pokok turun jelang lebaran mungkin karena stok bahan pokok banyak di Padang, sebab semua kebutuhan bahan pokok dari Desa Sikakap dari Padang," ujarnya.

Marliza, ibu rumah tangga mengatakan, harga bahan pokok di Desa Sikakap sekarang masih stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan.

"Harapan kami agar pemerintah tetap melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok ini, supaya tidak ada lagi kenaikan, sebab kalau sudah naik pasti susah turunnya," katanya.

  • Pin it
Komentar