Seluruh SD di Kecamatan Sikakap Telah Terakreditasi

26-05-2018 16:05 WIB | Pendidikan | Reporter: Leo Marsen | Editor: Gerson M Saleleubaja
Seluruh SD di Kecamatan Sikakap Telah Terakreditasi

SDN 20 Taikako, Kecamatan Sikakap yang telah terakreditasi B. (Foto : MentawaKita.com/Leo)

HVA-Seluruh SD di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berjumlah 13 satuan pendidikan telah diakreditasi oleh Badan Asesor Provinsi (BAP) Sumatera Barat.

Dari nilai akreditasi yang dikeluarkan BAN-S/M itu sebanyak 11 SD mendapat nilai akreditasi B, 1 SD mendapat nilai B plus yakni SDK Vincenstius Sikakap dan 1 SD mendapat akreditasi A yakni SDN 03 Taikako.

Pengawas SD Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sikakap, H. Tambunan mengatakan, akreditasi sekolah wajib dilakukan lima tahun sekali. Jika ada sekolah yang memperbaiki nilai akreditasi dari nilai C menjadi B atau B ke A dapat mengajukan akreditasi sekolah setiap tahun ke Badan Asesor Provinsi (BAP) Sumatera Barat di Padang.

"Pihak BAP nanti akan turun ke lapangan untuk menilai dan hasilnya pihak BAP yang menentukan," katanya kepada MentawaiKita.com, Kamis (24/5/2018).

Selain SD, SMPN 1 Pagai Utara Selatan di Kecamatan Sikakap telah terkakreditasi dengan nilai B plus. Nilai itu berlaku selama lima tahun dan akan berakhir pada Agustus tahun ini.

"Pihak sekolah mempersiapkan panitia untuk pengajuan akreditasi lagi ke BAP harapan nilai akreditasi sekolah bertahan B plus atau meningkat menjadi nilai A," kata Wakil Kepala SMPN 1 PUS bidang kurikulum, Rosdiana.

Jika sekolah tidak terakreditasi, kata dia, mereka tidak diperbolehkan menyelenggarakan ujian nasional sendiri.

  • Pin it
Komentar