Kontingen Forikan Mentawai Juara III Lomba Masak Tingkat Provinsi Sumbar

15-05-2018 14:04 WIB | Ekonomi | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
Kontingen Forikan Mentawai Juara III Lomba Masak Tingkat Provinsi Sumbar

Kontingen Forikan Mentawai melakukan demo masak ikan pada lomba Forikan se-Sumbar. (Foto : dok.Arnita)

TUAPEIJAT-Kontingen Forum Peningkatan Konsumsi Makan Ikan (Forikan) Kabupaten Kepulauan Mentawai meraih juara III mengalahkan kontingen dari kabupaten lain pada perlombaan memasak ikan yang digelar Forikan Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (12/5/2018).

Forikan merupakan organisasi yang dinaungi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Mentawai yang diketuai oleh Rosmaida Yudas, istri dari Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet.

"Sebenarnya Forikan ini merupakan suatu organisasi setiap kabupaten/kota," kata Perwakilan Forikan Mentawai, Arnita kepada Mentawaikita.com, pada Selasa (15/5/2018).

Arnita mengatakan, perlombaan sebagai bentuk inovasi dengan tujuan untuk mengajak masyarakat agar gemar memakan ikan, "kalau memakan ikan itukan cerdas, pintar, apalagi anak-anak," lanjutnya.

Selain itu, kata dia, lomba tersebut memunculkan inovasi bagaimana membuat suatu makanan atau ikan bisa disukai oleh orang-orang, mengolaborasika antara ikan dengan makanan lainnya, misalnya keladi atau pisang.

"Kitakan ada juga yang tidak suka dengan ikan, terutama anak-anak, nah dari itu kita coba membuat ikan ini dengan bentuk lain, agar mereka yang tidak suka ikan bisa memakannya dengan menu atau bentuk lain," jelas Arnita.

Ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu lomba memasak menu keluarga, membuat olahan makanan Balita dan membuat cemilan. "Kita menangnya kemarin itu di nomor tiga, yaitu olahan makanan snack atau cemilan, karena kita di sana dibolehkan untuk mengolah bahan-bahan lokal, seperti yang kita buat itu dari keladi kita modifikasi menjadi brownies keladi dan ikan, selain itu juga kita membuat subbet dengan ikan lalu digulung," ujarnya.

Selain itu mereka juga diuji sejauh mana pengetahuan peserta untuk mengenali ikan dan bahan-bahannya dibawa oleh masing-masing peserta, kecuali ikan disediakan panitia.

Ia menyebutkan, kalau ini (kegiatan Forikan) sudah berjalan dengan baik dan anggaran mendukung, pihaknya akan mengembangkan inovasi ini dan bisa dijual kepada anak-anak.

"Ya karena ada ikannya kan, inikan baik bagi anak-anak, sasaran kita itu sebenarnya biar mereka gemar makan ikan," ucapnya.

Peserta yang hadir diikuti oleh 19 Kabupaten /Kota Se-Sumbar, masing-masing kontingen berjumlah 5 orang.

  • Pin it
Komentar