KM. Harapan Bersama Akhirnya Ditemukan, Semua ABK Selamat

10-05-2018 17:02 WIB | Peristiwa | Reporter: Patrisius Sanene | Editor: Rus Akbar
KM. Harapan Bersama Akhirnya Ditemukan, Semua ABK Selamat

Kapal Basarnar mengiringi KM. Harapan Bersama. (Foto:Patrisius)

TUAPEIJAT-Kapal Motor (KM), Harapan Bersama yang dilaporkan hilang kontak sejak Senin, 7 Mei lalu, kini telah ditemukan pada Kamis pagi pukul 08.00 WIB di Pulau Pandan.

Lokasi Pulau Pandan sebuah pulau yang masuk dalam Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, dengan posisi geografis pulau terletak pada koordinat 0056'58" LS dan 10008'23" BT.

"Kapal KM. Harapan Bersama sudah kita temukan, semua ABK selamat dan kini sedang dibantu tarik dengan kapal KM. Eva yang juga kapal kargo menuju Muara Padang, prediksi kita pukul 18.00 WIB tiba di Padang," kata Akmal Kepala Kantor SAR Mentawai pada Kamis (10/5/2018).

Berita Terkait:

Kapal Bermuatan Kopra Hilang di Perairan Mentawai

Penyebab hilangnya kapal tersebut dijelaskan Akmal karena kapal yang bermuatan kopra mengalami mati mesin. Akmal menjelaskan kondisi 7 ABK yang berada dalam kapal tersebut selamat. "Semuanya selamat, dan stok makanan yang mereka andalan selama di atas kebetulan mereka memiliki stok makanan yang tersedia," kata Akmal.

KM. Harapan Bersama dilaporkan hilang sejak Senin, 7 Mei lalu. Kapal tersebut hendak menuju Padang dengan membawa angkutan kopra dan manau.

Kapal tersebut ditemukan oleh KM. Eva di daerah pulau Pandan, setelah diketahui kapal tersebut ditemukan oleh sebuah kapal kemudian tim SAR langsung menuju lokasi kemudian memberikan bantuan logistik. "Tim kita sudah bergabung untuk ikut mengiringi kapal menuju Muaro Padang," kata Akmal.

Penemuan tepatnya pada posisi di belakang Pulau Pandan (Sejauh 23 Mil dari pulau pandan) pada titik koordinat 01'04'370" S, 99'45'655 E. (Patrisius Sanene).

  • Pin it
Komentar