Peringatan Bulan Bakti Dasa Wisma, Perempuan harus Berperan dalam Pembangunan

16-04-2018 14:21 WIB | Peristiwa | Reporter: Silvester Suntoro Sarogdok | Editor: ocha
Peringatan Bulan Bakti Dasa Wisma, Perempuan harus Berperan dalam Pembangunan

Ketua TP PKK MEntawai, Rosmaida Yudas saat pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma di Tuapeijat, Senin (16/4). (Foto: Silvester Suntoro)

TUAPEIJAT--Seluruh organisasi wanita Mentawai memperingati pencanangan bulan Bakti Dasa Wisma tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2018 pada Senin (16/4/2018), di halaman Kantor Bupati di Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai Senin (16/4) bertema, "Melalui Penguatan Kelompok Dasa Wisma Kita Wujudkan Keluarga Sehat, Mandiri dan Sejahtera dengan Melaksanakan 10 Program Pokok PKK".

Ada 9 kelompok dasa wisma yang ikut serta, antara lain Dasa wisma Tuapeijat, Mawar, Sirsak, Sipora Selatan, Siberut Tengah, Siberut Utara, Siberut Barat, Mawar 1, dan Melati. Kegiatannya yaitu, perlombaan yel-yel, pameran hasil UKM, lomba Drama, pengobatan gratis penyakit tidak menular, dan peragakan pakaian adat Mentawai.

"Pada Maret lalu acara pencanangan sudah dilakukan di tingkat Provinsi Sumbar, dan saat ini pengurus PKK ditugaskan untuk melayani masyarakat di masing-masing daerah yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Rosmaida Yudas saat memberikan sambutan dalam acara pencanangan bulan Bhakti Dasawisma.

Selain itu, masing-masing pengurus PKK maupun Dasawisma Kecamatan dan Desa memberikan presentasi kegiatan setiap bulannya. Salah satu yang menarik kegiatan dasa wisma yaitu adanya niat menabung dan berjualan untuk menghasilkan uang kas kelompok dasa wisma.

"Masing-masing kelompok dasa wisma harus punya kegiatan, jangan sampai ada orang, desa atau dusun menyampaikan apa yang dilakukan oleh PKK atau dasawisma kenapa tidak nampak kegiatannya," katanya.

Ia juga berharap anggaran desa sebagian disisihkan untuk pengurus dasa wisma untuk menjalankan kegiatan, "Kami berharap agar sebagian anggaran desa disisihkan untuk pembiayaan kegiatan mereka, karena dasa wisma juga memiliki peran penting di tengah masyarakat," kata Rosmaida.

  • Pin it
Komentar