Penuhi Syarat Proposal, Kelompok Nelayan Jaya Karya Buat 20 Unit Perahu

13-04-2018 13:48 WIB | Ekonomi | Reporter: Leo Marsen | Editor: Gerson Merari
Penuhi Syarat Proposal, Kelompok Nelayan Jaya Karya Buat 20 Unit Perahu

Perahu buatan Kelompok Nelayan Jaya Karya Mabulau Buggei sebagai syarat proposal ke DKP Provinsi Sumbar. (Foto : Leo)

MABULAU BUGGEI-Kelompok Nelayan Jaya Karya Dusun Mabulau Buggei, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai bergotong rotong membuat 20 unit perahu agar proposal bantuan yang mereka ajukan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat dikabulkan.

Bantuan yang diminta Kelompok Nelayan Jaya Karya itu berupa alat tangkap laut dan mesin tempel. Agar proposal tersebut dipenuhi, DKP Sumbar mengajukan syarat kepada kelompok untuk menyediakan perahu sebelum DKP turun lapangan melihat layaknya kelompok nelayan tersebut.

Kepala Dusun Mabulau Buggei, Stewart Syam mengatakan tim DKP Provinsi Sumbar yang berjumlah sembilan orang telah dua kali mengecek lapangan yakni pada Februari dan Maret tahun ini.

"Mereka (DKP Sumbar) menyarankan kepada kelompok nelayan Jaya Karya untuk menyiapkan 20 unit perahu, dan bantuan akan direalisasi berupa mesin boat tempel merk Yamaha 5 pk, saat ini kelompok nelayan sedang menunggu kedatangan DKP pada minggu ke tiga April untuk survei lapangan lagi," kata Stewart kepada MentawaiKita.com, Selasa (10/4/2018).

Stewart menyebutkan telah 11 unit sampan yang selesai tersisa sembilan lagi yang sedang dikerjakan secara gotong royong. Perahu itu berukuran panjang 6-7 meter dengan lebar sekitar 60 cm.

Perahu kayu itu dibuat di hutan dekat ladangnya, setelah sudah dibentuk perahu kemudian mereka beramai-ramai menarik perahu itu ke tepi pantai yang berjarak sekitar 2-3 kilometer.

Menurut informasi yang diterima Stewart bantuan kelompok nelayan bantuan DKP Provinsi Sumbar ada tiga yakni Mabulau Buggei Desa Saumanganya, Kecamatan pagai Utara dan Dusun Bubuget dan Dusun Aban Baga Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan. Bantuan tersebut berupa mesin boat tempel 5 pk berjumlah 63 unit

  • Pin it
Komentar