176 Siswa Se-Kabupaten Kepulauan Mentawai Ikuti O2SN di Siberut Selatan

11-04-2018 12:49 WIB | Pendidikan | Reporter: Hendrikus | Editor: Gerson Merari Saleleubaja
176 Siswa Se-Kabupaten Kepulauan Mentawai Ikuti O2SN di Siberut Selatan

Salah seorang peserta O2SN Mentawai 2018 mengikuti lomba lari. (Foto : Hendrikus)

MUARASIBERUT-Sebanyak 176 siswa di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 tingkat kabupaten di Kecamatan Siberut Selatan pada Selasa, (10/4/2018).

Kepala Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai Mateus Lajo mengatakan, O2SN 2018 Mentawai diikuti siswa tingkat SD dan SMP.

Peserta O2SN 2018 Mentawai dibagi ke dalam 4 wilayah kontingen yakni wilayah I terdiri dari Siberut Utara dan Barat, wilayah II berupa Siberut Selatan, Siberut Tengah dan Siberut Barat Daya. Sementara wilayah III terdiri dari Sipora Utara dan Sipora Selatan. Kemudian Kecamatan Sikakap, Pagai Utara dan Pagai Selatan masuk ke dalam wilayah IV.

Tiap wilayah kontingen berjumlah 44 orang atlet dengan kuota peserta masing-masing 22 murid SD dan 22 siswa SMP. O2SN 2018 Mentawai itu berlangsung selama tiga hai yakni 10-12 April 2018.

"Mereka (kontingen) sudah berada di kecamatan Siberut Selatan dan tempat sudah disediakan oleh panitia," kata Mateus Lajo.

Ada tujuh cabang olahraga yang akan diperlombakan yakni renang, karate, silat, lari, badminton, tenis meja dan bola voli.

Mateus menyebutkan, peserta SD yang dilibatkan hanya yang duduk di kelas IV dan V sementara tingkat SMP hanya kelas II dan III.

Mateus mengatakan, fasilitas olahraga di sekitar pertandingan belum memadai seperti lapangan bola kaki yang rencana mau dipakai namun batal sebab masih dalam tahap pembangunan.

"Setelah O2SN tingkat kabupaten selesai digelar dari hasil seleksi yang mendapat juara kabupaten lalu akan dibawa lagi ketingkat provinsi mewakili Mentawai, nantinya juga ketika mereka menang ke tingkat provinsi akan dibawa lagi ke pusat yang mewakili Sumatera Barat, untuk di provinsi pendaftaran akan dibuka pada Tanggal 14 April ini setelah O2SN kabupaten ini digelar," ujarnya.

  • Pin it
Komentar